Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Jalan Tol Lampung akan Digunakan untuk Mudik Lebaran

Selasa 23 Apr 2019 17:02 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nur Aini

Jalan Tol Trans Sumatera. Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung, Sabtu (9/3/2019).

Jalan Tol Trans Sumatera. Foto udara jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Lampung, Sabtu (9/3/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jalan tol yang akan dipakai mudik ruas Terbanggi Besar-Pemantang Panggang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG –Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140,09 km, kini JTTS ruang Terbanggi Besar (Lampung) – Pemantang Panggang (perbatasan Lampung – Sumatra Selatan) akan difungsikan untuk arus kendaraan mudik Lebaran Idul Fitri 1440.

Baca Juga

“Lebaran akan difungsikan (ruas JTTS Terbanggi Besar – Pemantang Panggang),” kata Sekretaris Tim Percepatan Pembangunan JTTS Zainal Abidin seusai rapat pembahasan proyek JTTS di Pemprov Lampung, Selasa (23/4).

Menurut dia, tim sudah meninjau kondisi JTTS ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang beberapa waktu lalu. Kondisi jalan tol berdasarkan evaluasi sudah bagus semua, dan dapat difungsikan untuk arus kendaraan mudik Lebaran. Dalam waktu dekat, tim akan berkoordinasi dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Kementerian Perhubungan untuk uji kelayakan sebelum difungsikan untuk mudik Lebaran.

Ia mengatakan, sebelum JTTS ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang difungsikan untuk kendaraan mudik Lebaran Idul Fitri mendatang, harus ada uji kelayakan terlebih dahulu dari pihak berwenang, baik di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung dan juga Proyek Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional di Lampung. “Jika sudah bagus semua, baru bisa dipakai untuk mudik,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, JTTS ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang (Lampung) hingga ke Kayuagung (Sumsel) akan kelar pada akhir April 2019. Target tersebut dikatakannya kala meninjau proyek JTTS pada akhir Januari 2019, baru sebatas fungsional.

Rini menyatakan, proyek pembangunan JTTS ruang Terbanggi Besar – Pematang Panggang hingga Kayuagung dapat dikerjakan selama tiga tahun. Sebelumnya, dia memprediksi akan sulit melakukannya, karena terkendala pembangunan jembatan di beberapa tempat di Lampung. Hingga saat ini, pengerjaan ruas tol di Lampung dan Kayuagung masih terus dikebut hingga tuntas pada tahun ini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA