Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Persiapan Pemungutan Suara Ulang Surabaya Capai 75 Persen

Rabu 24 Apr 2019 16:47 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ratna Puspita

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Pemungutan suara ulang rencananya dilakuakn pada Sabtu (27/4).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan, persiapan pemungutan suara ulang (PSU) di wilayah tersebut hingga kini telah mencapai 75 persen. KPU Kota Surabaya hanya tinggal menunggu surat suara dari KPU pusat, yang rencananya dikirim dua hari menjelang pencoblosan.

Baca Juga

Pencoblosan rencananya digelar pada Sabtu (27/4). "Persiapan PSU di Surabaya saat ini sudah mencapai 75 persen. Kita hanya tinggal menunggu surat suara dari KPU Pusat. Rencananya surat suara tiba dua hari sebelum PSU digelar," kata Nur Syamsi di Surabaya, Rabu (24/4).

Nur Syamsi menegaskan, ada dua TPS di Kota Surabaya yang harus melakukan pemungutan suara ulang. Yakni TPS 28 Gunung Anyar, Kelurahan Rungkut Menanggal, dengan jumlah DPT sebanyak 275 orang. Kemudian, di TPS 11 Kelurahan Lidah Kulon dengan DPT sebanyak 268 orang.

Pemungutan suara ulang di Kota Surabaya dilakukan untuk pemilihan presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota. "Pemungutan suara ulang akan digelar pada 27 April mulai pukul 07.00 WIB, sampai pukul 13.00 WIB," ujar Nur Syamsi.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu Kota Surabaya merekomendasikan pemungutan suara ulang di dua TPS di Kota Surabaya karena ditemukannya pelanggaran pada pencoblosan 17 April. Pelanggaran yang ditemukan adalah adanya pemilih dari luar daerah yang menggunakan hak pilih tanpa membawa formulir A5.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA