Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

PDIP Jatim Optimistis Raih 25-29 Kursi DPRD

Kamis 25 Apr 2019 23:21 WIB

Red: Andri Saubani

Polisi mengawal tukang becak yang mengangkut logistik hasil Pemilu 2019 di Rusun Sumbo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/4/2019).

Polisi mengawal tukang becak yang mengangkut logistik hasil Pemilu 2019 di Rusun Sumbo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (18/4/2019).

Foto: Antara/Didik Suhartono
PDIP Jatim yakin real count internal tak akan berbeda jauh dengan hitungan KPU.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- DPD PDI Perjuangan Jawa Timur (Jatim) optimistis suara hasil real count internal partai tak akan jauh berbeda dengan penghitungan manual KPU tentang perolehan suara di Pemilihan Umum Legislatif 2019 untuk tingkat provinsi. PDIP Jatim menargetkan raihan di atas 20 kursi DPRD Jatim.

"Kami yakin hasilnya hampir sama, baik jumlah persentase suara mau pun kursi di DPRD Jatim," ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Berdasarkan penghitungan real count internal partainya, hasil Pemilu 17 April 2019 untuk tingkat DPRD I raihan suaranya di kisaran 21-24 persen atau setara dengan 25-29 kursi di "Indrapura" (gedung DPRD Jatim). "Tapi, kami tetap menunggu karena hasil resmi tetap mengacu ke KPU," ucap politikus perempuan asal Malang yang juga Sekretaris Fraksi PDIP di DPRD Jatim itu.

Jika terbukti, maka kenaikan partai berlambang banteng moncong putih tersebut sangat signifikan dari Pemilu 2014 yang perolehan suaranya setara dengan 19 kursi. PDIP pun akan menjadi partai politik pemenang kedua di bawah PKB dengan raihan 20 kursinya.

Sementara itu, berdasarkan penghitungan internal partai, daerah pemilihan Jatim I (Kota Surabaya) meraih tiga kursi, dapil II (Sidoarjo) dua kursi, dapil III (Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten/Kota Probolinggo) dua kursi, dan dapil IV (Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo) dua kursi. Kemudian, dapil V (Lumajang dan Jember) dua kursi, dapil VI (Kabupaten/Kota Malang dan Kota Batu) empat kursi, serta dapil VII (Tulungagung dan Blitar) tiga kursi, dapil VIII (Kabupaten dan Kota Kediri) dua kursi, dapil IX (Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi) dua atau tiga kursi.

Lalu, dapil X (Mojokerto dan Jombang) dua kursi, dapil XI (Madiun dan Nganjuk) dua kursi, dapil XII (Bojonegoro dan Tuban) dua kursi, dapil XIII (Lamongan dan Gresik) dua kursi, serta dapil XIV (Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan) satu kursi. Sri Untari menginstruksikan semua kader untuk tidak lengah dan terus mengawal proses penghitungan manual yang dilakukan mulai tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi hingga penetapan dari pusat.

"Kami tetap menunggu KPU dan terima kasih kepada seluruh warga Jatim yang memberikan kepercayaan kepada PDI Perjuangan. Insya Allah akan kami jawab dengan kerja-kerja yang bermanfaat bagi rakyat dan tidak akan kami khianati," tuturnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA