Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

BPBD Babel Tanam 500 Mangrove di Teluk Rubiah

Jumat 26 Apr 2019 14:17 WIB

Red: Christiyaningsih

Hutan Mangrove (ilustrasi)

Hutan Mangrove (ilustrasi)

Foto: Antara
Penanaman mangrove bertujuan menjaga kelestarian lingkungan Teluk Rubiah

REPUBLIKA.CO.ID, MUNTOK -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menanam 500 bibit pohon mangrove di kawasan Teluk Rubiah Muntok. Penanaman ratusan mangrove ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan di pantai tersebut.

"Penanaman ini merupakan salah satu upaya nyata pemerintah, perusahaan dan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan Pantai Teluk Rubiah," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan BPBD Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama, di Muntok Jumat (26/4).

Penanaman mangrove diharapkan mampu mengingatkan masyarakat dan para pelaku usaha yang ada di daerah itu akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. "Dengan terjaganya kelestarian lingkungan akan mengurangi risiko terjadinya berbagai jenis bencana alam," ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 300 peserta dari seluruh elemen masyarakat tersebut dilaksanakan guna memeringati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 tingkat kabupaten. Selain menggelar kegiatan penanaman pohon, pada peringatan tersebut juga dilaksanakan simulasi penanganan bencana banjir yang diperagakan para relawan, personel BPBD, petugas kesehatan, Tagana, tim reaksi cepat, dan instansi terkait lainnya.

"Kami berharap melalui simulasi yang dilakukan mirip dengan kejadian bencana sesungguhnya ini masyarakat dan petugas semakin tangguh dalam penanganan bencana sesungguhnya sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya korban," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA