Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Ini Kata Warga Jakarta yang Rumahnya Kebanjiran

Jumat 26 Apr 2019 17:03 WIB

Rep: Agata Eta Andayani/ Red: Teguh Firmansyah

Warga beraktivitas ketika banjir melanda permukiman penduduk di Kawasan Pejaten Timur, Jakarta, Jumat (26/4).

Warga melintas di depan tempat tinggalnya yang terendam banjir akibat meluapnya sungai Cisadane di kawasan Karawaci, Tangerang, Banten, Jumat (26/4/2019).

Foto:
Banjir melanda lima RW di bantaran Kali Ciliwung

Ia tidak merinci jumlah siswanya yang menjadi korban banjir. Selain itu, proses belajar mengajar juga terhambat karena gedung sekolah dialihfungsikan sebagai pengungsian sementara bagi warga. Untuk itu, kegiatan belajar mengajar di SDN 01 Pagi Kampung Melayu sementara bergabung dengan SDN Rawa Bunga.

Sedangkan untuk bantuan, Samudi menuturkan sekolah membantu untuk penyediaan buku dan alat tulis. "Tapi kalau seragam mungkin nanti ada bantuan dari Kelurahan," jelas Samudi.

Banjir kiriman juga menggenangi wilayah Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur. Dua belas RW terdampak banjir dari 16 RW yang ada.

Menurut Ketua RW 03 Ahmad Daruji, banjir pertama kali menggenangi rumah warga di RW 015 dan RW 03 sejak pukul 10.00 WIB. "Waktu siaga 1, air sebenarnya belum mulai masuk rumah warga karena ada tanggul di Ciliwung," ujarnya. Di RW 03 ada empat RT yang terdampak banjir yaitu RT 04, RT 05, RT 11 dan RT 12.

Ahmad pun mengeluhkan pompa air di RW 02 yang tidak berfungsi dengan baik. Seharusnya, pompa itu beroperasi terus.  "Harusnya itu kan pompa standby terus, tapi ini banjir pompanya nggak nyedot," katanya. Ia pun mengaku telah melaporkan hal tersebut kepada wali kota setempat.

Hingga tengah hari, banjir sudah mencapai 40 hingga 60 sentimeter. Meski demikian, warga memilih bertahan di rumah mereka. Kebanyakan dari mereka memindahkan barang ke lantai dua rumah mereka.

Bantuan pun belum diterima oleh warga hingga siang hari. "Belum ada bantuan," kata Ani Suryani, warga RT 11/ RW 03. Ia mengatakan bantuan yang paling dibutuhkan warga dalam waktu cepat adalah makanan.

Air juga meluap hingga ke jalan raya di depan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Hal ini menyebabkan kemacetan panjang di sepanjang Jalan Otista hingga pertigaan Kramat. Rute Transjakarta pun dialihkan hanya sampai Kampung Melayu.

Selain di Jakarta Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mencatat sejumlah lokasi lain yang terkena banjir akibat meluapnya Bendungan Katulampa, Bogor. Total ada sejumlah kelurahan di Jakarta yang terkena banjir.

Di Jakarta Timur selain Kampung Melayu dan Bidara Cina yang terdampak yaitu di Cawang dan Balekambang. Kemudian di Jakarta Selatan yakni di kelurahan Pejaten Timur, Srengseng Sawah, Rawajati Timur, Pengadegan dan Lenteng Agung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA