Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Kominfo Pastikan Sinyal 4G Lancar di Jalur Mudik

Jumat 26 Apr 2019 18:54 WIB

Red: Friska Yolanda

Kendaraan pemudik arus balik melewati jalur satu arah yang diberlakukan di Jalur Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/6).

Kendaraan pemudik arus balik melewati jalur satu arah yang diberlakukan di Jalur Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/6).

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Sejumlah BTS telah dibangun di sepanjang tol untuk mendukung sinyal 4G saat mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan pemudik dapat menikmati jaringan sinyal data berkualitas 4G di sejumlah jalur mudik pada 2019. Selain di jalan tol, sinyal 4G juga dipastikan dapat dinikmati pemudik di bandara, pelabuhan hingga stasiun kereta api.

Baca Juga

"Termasuk di kawasan Sumatera, semua otomatis engineering dari coverage mengikuti tol," kata Rudiantara dalam jumpa pers usai Rapat Penyelenggaraan Mudik 2019 di Gedung Bina Graha, Jakarta pada Jumat (26/4).

Menurut Rudiantara, petugas memeriksa kualitas sinyal di sepanjang jalur mudik di jalan tol di Pulau Jawa serta tol di Pulau Sumatera satu bulan sebelum hari lebaran. "Apalagi sekarang kan lebih banyak di tol, jadi BTS-BTS sudah di-deploy ke arah tol. Jadi kalau kita dari sini ke Surabaya pakai tol, sepanjanng jalan 4G-nya tidak putus. Tinggal menambah kapasitas," jelas Rudiantara.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Menkominfo telah memimpin rapat membahas persiapan arus mudik 2019 dengan berkoordinasi antara kementerian, lembaga dan perusahaan BUMN terkait. Pemerintah memprediksi puncak arus mudik lebaran pada 2019 jatuh pada hari Jumat, 31 Mei 2019, sementara arus balik pada Minggu atau 9 Juni.

Sejumlah ruas tol yang telah terbangun di Pulau Jawa akan dioperasikan secara penuh hingga tol Pasuruan-Probolinggo, di Jawa Timur. Selain itu, petugas juga mengantisipasi kemacetan di pintu keluar tol Terbanggi Besar di Lampung.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA