Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ahad Malam, Bendungan Katulampa Berstatus Normal

Senin 29 Apr 2019 01:02 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Bayu Hermawan

Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Kota Bogor, pada Jumat (23/11) berkisar 10 sentimeter. Status Bendung Katulampa di bawah normal.

Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Kota Bogor, pada Jumat (23/11) berkisar 10 sentimeter. Status Bendung Katulampa di bawah normal.

Foto: Republika/Imas Damayanti
Ketinggaian air berada diangka 30 cm dan Bendungan Katulampa berstatus normal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Jaga Bendung Katulampa, Andi Sudirman, menyatakan saat ini TMA Bendungan Katulampa Sungai Ciliwung di Kota Bogor, Jawa Barat, berada dalam status normal. Ketinggi permukaan air di sana hingga pukul 00.00 WIB yaitu 30 cm

"Saat ini normal dengan ketinggi 30 cm. Jadi untuk Ciliwung itu masih normal dan masih aman," kata Andi saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (28/4).

Andi mengatakan dari daerah Puncak sampai TMA Bendungan Katulampa Sungai Ciliwung saat ini bercuaca mendung tipis. "Enggak ada hujan, mendung tipis saja, merata dari Puncak sampai Katulampa," lanjut dia.

Andi mengimbau agar masyarakat di bantaran Sungai Ciliwung tetap waspada, terlebih di wilayah DKI Jakarta. Sebab, selama Bogor mengalami musim hujan, potensi meluapnya permukaan Sungai Ciliwung akan tetap ada.

Sebelumnya, pada Kamis (25/4) lalu, TMA Bendungan Katulampa Sungai Ciliwung berstatus siaga satu. Ketinggian air mencapai 220 sentimeter pada pukul 20.30 WIB, Kamis (25/4). Kondisi ini membuat sejumlah pedagang di Pasar Jambu Dua, Kota Bogor terpaksa libur massal. Lapaknya penuh lumpur akibat terendam air Sungai Ciliwung setinggi 2 meter yang meluap pada Kamis (25/4) malam.

"Ada dua blok yang yang terendam air setinggi 2 meter, Blok A basement dan Blok B basement. Pedagang Blok A sudah mulai bisa berdagang, yang Blok B masih kita bersihkan dulu," kata Kepala Urusan Operasional Pasar Jambu Dua Abu Sofyan di Bogor, Jumat (26/4).

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA