Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

KPU Optimistis Rekapitulasi Hasil Pemilu Bisa Tepat Waktu

Selasa 30 Apr 2019 11:21 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Andri Saubani

Petugas KPU melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten disaksikan petugas Bawaslu di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

Petugas KPU melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten disaksikan petugas Bawaslu di Monumen Simpang Lima Gumul Kediri, Jawa Timur, Senin (29/4/2019).

Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Sebagaimana dijadwalkan, KPU akan mengumumkan peserta pemilu terpilih pada 22 Mei.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra, mengatakan pihaknya optimistis proses rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2019 bisa selesai tepat waktu. Sebagaimana dijadwalkan, KPU akan mengumumkan peserta pemilu terpilih pada 22 Mei 2019.

Baca Juga

Menurut Ilham, sejauh ini sejumlah provinsi sudah mulai melakukan proses rekapitulasi hasil pemilu. "Ada daerah-daerah yang penduduknya kecil seperti Papua, itu sudah mulai melakukan rekapitulasi di tingkat provinsi," kata Ilham di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (30/4).

KPU meminta jajaranya di semua tingkatan untuk tak menunggu proses rekapitulasi di semua daerah rampung. Proses rekapitulasi bisa dilakukan meski ada sejumlah daerah yang belum menyelesaikan.

Dia mencontohkan, jika dalam suatu kabupaten/kota hanya tinggal satu kecamatan yang belum menyelesaikan proses rekapitulasi, maka KPU kabupaten/kota sudah bisa memulai rapat pleno penetapan rekap tanpa menunggu satu kecamatan tersebut rampung.  "Karena waktu kita kan berkejar-kejaran dengan jumlah TPS yang begitu luar biasa," tuturnya

Ilham mengakui, jumlah TPS yang bertambah banyak ini akibat dari kebijakan KPU yang membatasi jumlah pemilih per-TPS menjadi hanya 300 pemilih. Pembatasan ini dilakukan agar KPU bisa menyelesaikan proses penghitungan suara di TPS di hari yang sama dengan pemungutan suara sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Misalnya seperti di Cakung (Jakarta Timur) saja (jumlah TPS) sekitar 1.400. Jadi sekarang ini kita sedang mengkondisikan KPU dan Bawaslu daerah bagaimana caranya agar selesai sebelum 4 Mei, sehingga 7 Mei teman kabupaten/kota dan provinsi sudah bisa melakukan rekapitulasi di level masing," jelasnya. 

Sebelumnya, KPU sudah membuka rekapitulasi tingkat nasional sejak 25 April 2019, KPU belum bisa memulai rekap tingkat nasional lantaran belum ada provinsi yang menyelesaikan proses rekapitulasi. Meski demikian, Ilham optimistis seluruh tahapan rekap akan selesai sesuai jadwal, sehingga KPU bisa mengumumkan dan menetapkan calon terpilih selambat-lambatnya Rabu, 22 Mei 2019.

"Ya kita harus optimis ini selesai sesuai waktu," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 195 juta pemilih telah menggunakan hak suaranya untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD pada 17 April lalu. Calon terpilih pada Pemilu 2019 akan ditentukan berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara dari formulir C1 yang dilakukan secara manual dan berjenjang, mulai dari tingkat TPS, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. 


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA