Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

KPU Gelar Rekapitulasi Hasil Pilpres dan Pileg Luar Negeri

Sabtu 04 May 2019 12:20 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Andri Saubani

[ilustrasi] Sejumlah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, Minggu (14/4/2019).

[ilustrasi] Sejumlah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, Minggu (14/4/2019).

Foto: Antara/Rafiuddin Abdul Rahman
Rekapitulasi dimulai dari 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan suara luar negeri tingkat nasional di Gedung KPU, Sabtu (4/5). KPU akan melakukan rekapitulasi suara untuk pemilihan presiden dan pemilihan legislatif.

Baca Juga

"Kali ini kita akan memulai rapat pleno rekapitulasi suara tingkat nasional dan pada bagian akhir akan dilakukan penetapan hasil Pemilu 2019 tingkat nasional," kata Ketua KPU Arif Budiman membuka rapat rekapitulasi, Sabtu.

Komisioner KPU Viryan Azis menuturkan, rekapitulasi dimulai dari 130 PPLN yang sudah ada dari Australia, Taipei, Belanda, dan negara lainnya."Totalnya 130 PPLN kemudian kita laksanakan direncanakan dalam waktu hari ini sampai 8 Mei 2019," kata Viryan.

Rapat rekapitulasi ini dihadiri Ketua KPU beserta komisioner-komisionernya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP), Panitia Penyelenggara dab Pemilu Luar Negeri (PPLN). Perwakilan peserta pemilu mulai dari partai-partai politik dan saksi tim sukses dari pasangan capres dan cawapres juga hadir memantau rekapitulasi ini. Hadir pula perwakilan TNI dan Polri selaku pengamanan rapat.

Pemungutan suara di luar negeri sendiri dilakukan bertahap mulai dari 8 sampai 14 April 2019. Pemilu di luar negeri diselenggarakan lebih awal (early voting) sesuai dengan Pasal 167 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). Untuk melayani pemungutan suara di luar negeri, KPU membentuk Panitia Pemilihan Luar Negeri 130 (PPLN) untuk melayani WNI di 98 negara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA