Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Warga Jateng di Jakarta Masih Bisa Manfaatkan Mudik Gratis

Senin 06 May 2019 13:53 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Christiyaningsih

Mudik Lebaran - ilustrasi

Mudik Lebaran - ilustrasi

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pemprov Jateng menyediakan mudik gratis dari Jakarta ke Jateng bagi warganya

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ada kabar gembira bagi warga Jawa Tengah (Jateng) yang ada di Jakarta namun belum mendapatkan tiket mudik Lebaran tahun ini. Warga Jateng di Jakarta masih dapat memanfaatkan program mudik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (pemprov) Jateng.

Pada Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah nanti, Pemprov Jawa Tengah menyiapkan program mudik gratis dari Jakarta ke tiga titik tujuan pemudik. Tiga titik mudik itu masing- masing Banyumas, Solo, dan Semarang.

“Ada tiga rangkaian kereta berkapasitas enam ribu orang, kapal berkapasitas dua ribu orang, dan kendaraan bermotor serta 207 bus,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Semarang, Senin (6/5).

Untuk pendaftaran mudik gratis tersebut, warga Jateng yang berminat cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP itu ditunjukkan di kantor Perwakilan Jawa Tengah Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan.

Pendaftaran program mudik gratis ini secara resmi telah dibuka sejak 24 April 2019 silam. Pendaftaran akan berlangsung sampai kuota kursi program mudik gratis terpenuhi.

“Melalui fasilitas mudik gratis yang disiapkan Pemprov Jawa Tengah, mudah- mudahan warga Jawa Tengah yang kini merantau di Jakarta bisa kembali ke kampung halaman dalam suasana yang menggembirakan,” jelasnya.

Pada 2019 ini, dari total pemudik yang diperkirakan akan mencapai 14 juta (dari Jabodetabek), sebanyak 5,6 juta di antaranya berasal dari Jawa Tengah. Bahkan Kementerian Perhubungan telah mencatat Jawa Tengah bakal jadi daerah tujuan mudik terbanyak. Karena itulah Pemprov Jawa Tengah menyiapkan program mudik gratis kepada warganya.

Terkait hal ini, Ganjar juga telah membahasnya dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi serta Kepala Korps lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Refdi Andri di Semarang, Ahad (5/5). Dalam pembahasan, Budi Karya Sumadi menyampaikan pada program mudik tahun ini Kemenhub menyiapkan 1.300 bus.

Sebagian di antaranya akan mengantarkan 56 ribu orang ke 32 kota tujuan mudik di Jawa Tengah. Sisanya merupakan pemudik dengan tujuan ke berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur, Lampung, serta Sumatera Barat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA