Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Rekapitulasi KPU Indramayu Rampung, Warga Diminta Bersatu

Selasa 07 May 2019 03:00 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda

Pewarta mengambil gambar saat Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu serentak 2019 Luar Negeri di gedung KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Pewarta mengambil gambar saat Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu serentak 2019 Luar Negeri di gedung KPU, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih suara terbanyak dalam rekapitulasi KPU Indramayu.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Kabupaten Indramayu telah rampung, Jumat (4/5) malam. Pemilu 2019 di Kabupaten Indramayu pun dinilai berjalan secara damai, jujur dan adil.

Berdasarkan pantauan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Indramayu di Aula KPU setempat sebelumnya digelar sejak tiga hari yang lalu. Selama rentang waktu itu, dilakukan penghitungan suara dari 31 PPK dan selesai pada Jumat (4/5) malam.

Baca Juga

Hasil rapat pleno tersebut ditandatangani oleh semua saksi, tanpa ada yang mengajukan keberatan. Setelah itu, logistik pemilu dan hasil rapat pleno tersebut langsung dikirimkan ke KPU Provinsi Jabar, dengan pengawalan ketat oleh petugas keamanan.

"Kami pastikan seluruh tahapan pemilu hingga proses penghitungan suara sudah clear dan secara utuh diterima oleh semua saksi,’’ tegas Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Toni Ahmad Fathoni, kemarin.

Toni mengaku bersyukur, sejak hari pertama pleno sampai penutupan, tidak ada hal yang mengganjal atau menghalangi jalannya pleno. Semua saksi pun menerima hasilnya tanpa ada yang keberatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengawal proses demokrasi di Kabupaten Indramayu.

"Saya pastikan, Pemilu 2019 di Kabupaten Indramayu berjalan dengan baik sesuai ketentuan dan berintegritas," kata Nurhadi.

Terpisah, tokoh agama yang juga imam Masjid Islamic Center Kabupaten Indramayu, juga menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara pemilu di Kabupaten indramayu yang telah menyelesaikan tugasnya. Dia menilai, Pemilu 2019 di Kabupaten Indramayu dilaksanakan secara terbuka, damai dan demokratis.

"Mari bersatu kembali. Tidak ada lagi 01 atau 02. Yang ada adalah 03, yakni Persatuan Indonesia," katanya.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin meraih suara 71,47 persen pada rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dari total suara sah sebanyak 989.673. Sementara, pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 28,53 persen suara.

Partisipasi pemilih di Kabupaten Indramayu meningkat menjadi 75 persen dibandingkan pada Pilkada 2018 yang hanya 58,64 persen.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA