Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sunday, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Sukabumi Kembangkan Wisata Hutan Kota Terpadu

Selasa 07 May 2019 18:07 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani

Hutan Kota

Hutan Kota

Foto: beritajakarta.com
Hutan Kibitay menjadi hutan Kota Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi berupaya mengembangkan hutan kota menjadi kawasan wisata terpadu. Hal ini dilakukan agar upaya pelestarian lingkungan sejalan dengan pengembangan potensi wisata daerah.

Salah satu yang berpotensi adalah hutan kota Kibitay yang berada di Kelurahan Lembursitu Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi. Hutan Kibitay menjadi hutan Kota Sukabumi ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Sukabumi Nomor 209 Tahun 2009.

‘’Hutan Kibitay akan menjadi destinasi wisata terpadu di Kota Sukabumi,’’ ujar Kepala Bidang Penataan Taman dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, Sony Hermanto kepada wartawan Selasa (7/5).

Hutan kota ini akan saling berhubungan dengan titik wisata lainnya yang ada di Kelurahan Baros Kecamatan Baros dan Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu. Sony menerangkan, rencananya hutan kota tersebut akan disulap menjadi obyek wisata yang menarik. Harapannya supaya dapat menarik wisatawan yang berkunjung ke Kota Sukabumi terutama ke kawasan wisata terpadu di Kecamatan Baros dan Lembursitu.

Oleh karena itu ungkap Sony, DLH mengajak semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk mendukung pengembangan wisata hutan Kibitay. Sehingga kawasan wisata ala mini dapat menarik pengunjung untuk datang berwisata.

‘’ Konsep yang sudah direncanakan untuk menata sekaligus meningkatkan dan mengembangkan Hutan Kota Kibitay diantaranya penataan spot-spot foto yang menarik,’’ cetus Sony. Selain itu arena rekreasi seperti flying fox dan yang lainnya.

Namun untuk mewujudkan hal tersebut ungkap Sony, belum bisa direalisasikan, karena terkait kondisi keuangan daerah yang belum memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan fisik.  Rencana tersebut sudah dituangkan dalam Detail Engineering Design (DED).

Di sisi lain lanjut Sony, DLH Kota Sukabumi berupaya optimal melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitar Hutan Kota Kibitay. Khususnya memberikan informasi yang berkaitan dengan edukasi wisata, termasuk tentang nama-nama pohon yang ada di Hutan Kota Kibitay.  Upaya ini dilakukan agar seluruh lapisan masyarakat yang ada di sekitar hutan kota Kibitay dapat menyiapkan diri apabila kawasan ini menjadi tempat atau obyek wisata

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA