Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Ganjar dan Emil Dinilai Mirip Jokowi

Jumat 12 Apr 2019 20:50 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah

 Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyapa pendukungnya ketika kampanye terbuka di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyapa pendukungnya ketika kampanye terbuka di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/4/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jokowi disebut menjadi trendsetter pemimpin di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) 01 Joko Widodo diklaim menjadi trendsetter pemimpin di Indonesia. Sosok Jokowi dianggap dijiplak oleh pemimpin lain.  Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Suropati Syndicate Muhammad Shujahri dalam diskusi berjudul "Jokowi dalam Politik Indonesia" pada Jumat, (12/4).

Shujahri mengatakan, Jokowi menjadi fenomena politik tersendiri. Sebab Jokowi mampu menjadi pemimpin dengan menanjak karir dari nol. Jokowi bukan berasal dari keluarga elit, melainkan rakyat biasa.

"Ada orang yang dari bawah berjuang untuk sampai ke level Presiden. Fenomena Jokowi bisa jadi sebuah trendsetter elite politik usai zaman reformasi," katanya pada wartawan dalam kegiatan itu.

Atas dasar itu, kata dia, banyak karya tulis atau penelitian didasarkan dari fenomena Jokowi. Gaya Jokowi, lanjut dia, diikuti oleh kepala daerah lain. Sebab, gaya Jokowi dianggap sukses merebut hati masyarakat.

"Ganjar, Emil mirip Jokowi. Jokowi semacam format baru pemimpin, jadi masyarakat enggak suka pemimpin yang suka angkat dagu, arogan," ujarnya.

Ia merasa sosok Jokowi tak hanya suskes merebut hati masyarakat. Sejumlah parpol juga bergabung mendukung Jokowi karena terpincut. "Jadi fenomena menariknya, Jokowi kader parpol biasa tapi parpol besar mau dukung dia. Ini fenomena. Jokowi bukan orang punya modal besar bisa buat relawan, ini malah muncul relawan," ucapnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA