Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Marak Tawuran, Anies Minta Ortu Pastikan Anak Sahur di Rumah

Sabtu 11 May 2019 03:25 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Christiyaningsih

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (25/4) pagi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (25/4) pagi.

Foto: Mimi Kartika/REPUBLIKA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta orang tua memastikan anak sahur di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta para orang tua memastikan anaknya sahur di rumah. Sebab, beberapa kali diketahui remaja berkeliling di jalan menjelang sahur membawa senjata tajam.

"Para orang tua pastikan anaknya sahur di rumah, pastikan anaknya tidak ikut dalam kegiatan itu," ujar Anies di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (10/5).

Menurut Anies, untuk menghindari kejadian tawuran peran masyarakat dalam hal ini orang tua juga dibutuhkan. Selain aparat penegak hukum seperti Polisi dan Satpol PP yang berpatroli, kata Anies, kurang efektif mencegah tawuran tersebur.

Selain itu, mantan mendikbud ini mengajak seluruh masyarakat mulai dari RT, RW, tokoh masyarakat setempat ikut menjaga keamanan lingkungan. Dengan demikian kegiatan negatif yang menimbulkan keributan dapat terhindari.

"Mulai dari RT, RW, kemudian tokoh masyarakat, ajak lingkungannya untuk menjauhi praktik kebut-kebutan, tawuran, dan hal negatif lainnya menjelang sahur, jaga itu," kata Anies.

Jika terjadi tindak pidana, ia tak segan-segan memberikan sanksi yang tegas sesuai hukum. Seharusnya, di bulan Ramadhan ini tawuran tak terjadi karena masyarakat sedang menjalankan ibadah dengan saling menjaga ketertiban umum.

"Kita bekerja sama dengan aparat kepolisian, nanti yang akan melakukan penindakan-penindakan apabila menyangkut pelanggaran pidana," tuturnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA