Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Bakal Terima Gaji 13 dan 14, ASN Diminta Bijak Berbelanja

Kamis 09 May 2019 18:41 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah

Gaji PNS - ilustrasi

Gaji PNS - ilustrasi

Ada sekitar lebih dari 5.000 orang ASC di Cirebon yang akan menikmati gaji 13 dna 14.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Para aparatur sipil negara (ASN) akan segera menerima gaji 13 dan 14. Mereka pun diminta untuk bijak dalam membelanjakan uang tersebut.
 
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Cirebon, Yoyon Indrayana, mengatakan, gaji 13 bagi para ASN di Kota Cirebon akan cair sekitar 24 Mei 2019. Sedangkan gaji ke 14, diperkirakan baru akan cair menjelang tahun ajaran baru sekolah.
 
Menjelang pencairan gaji tersebut, lanjut Yoyon, para ASN di Kota Cirebon telah diimbau untuk bijak membelanjakan uang mereka. Hal itu untuk mencegah agar tidak terjadi gejolak di pasaran. "Imbauan resmi nanti akan dilakukan setelah penerimaan gaji ke 13," kata Yoyon, Kamis (9/5).
 
Yoyon menyebutkan, jumlah ASN di Kota Cirebon sekitar lebih dari 5.000 orang. Jika para ASN itu berbelanja secara sporadis ke pasar dalam waktu bersamaan, maka dikhawatirkan terjadi gejolak pasar yang bisa memengaruhi harga.
 
Tak hanya imbauan kepada para ASN, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melalui Bank Indonesia juga telah mengundang sejumlah ulama dan ustaz. Tujuannya agar mereka bisa memberikan ceramah supaya masyarakat tidak membelanjakan uang secara boros di bulan Ramadhan. "Kami berharap masyarakat lebih bijak dalam membelanjakan uang di bulan puasa ini," tukas Yoyon.
 
Sementara itu, Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi, menambahkan, puasa dan Idul Fitri berdekatan waktunya dengan tahun ajaran baru anak-anak sekolah. Karena itu, para ASN juga harus memperhatikan kebutuhan sekolah anak-anak mereka. "Lebih baik berhemat karena sekolah anak-anak juga harus dipikirkan," tegas Asep.
 
Asep berharap agar ASN mematuhi imbauan yang mereka keluarkan. Dengan demikian, tidak terjadi lonjakan permintaan barang tertentu yang bisa mengakibatkan harganya naik tinggi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA