Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Bamsoet Dukung Puan Jadi Ketua DPR

Selasa 14 May 2019 13:33 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Bambang Soesatyo

Bambang Soesatyo

Foto: Dokpri
Bamsoet mengatakan siapa pun tokoh PDIP jadi ketua DPR, semua anggota harus setuju.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo merespon kabar berpeluang besarnya Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia Puan Maharani menjadi calon ketua DPR RI periode 2019-2024. Menurutnya, siapa pun tokoh yang akan diusung PDI Perjuangan menjadi ketua DPR maka semua anggota harus setuju.

Baca Juga

"Itu ketentuan politiknya dan saya setuju," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/5).

Ia pun tidak mempersoalkan terkait ketokohan Puan. Menurutnya, putri Presiden kelima RI itu adalah sosok yang tepat memimpin DPR RI. "Berkompeten," ujarnya.

Sementara itu, terkait siapa yang akan dijagokan Partai Golkar untuk menduduki kursi wakil ketua DPR, Bamsoet enggan berkomentar. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan Partai Golkar.

"Saya sendiri ingin menjadi anggota biasa saja," tuturnya sembari tertawa.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar juga menyebut sosok Puan cocok menempati posisi Ketua DPR. "Cocok, cocok sekali," kata Muhaimin di Jakarta, Senin (13/5).

Ketua Umum PKB itu menilai Puan layak menjadi orang nomor satu di DPR. Menurutnya, Puan bakal membuka sejarah menjadi ketua DPR RI perempuan pertama. 

Berdasarkan UU MD3, ketua DPR RI menjadi hak partai pemenang pemilu. PDIP diperkirakan akan meraih suara terbanyak pada pesta demokrasi tahun ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA