Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Caleg Artis dari Sumbar tak Ada yang Lolos ke Parlemen

Jumat 17 May 2019 12:48 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Gedung DPR

Gedung DPR

Ada 22 orang calon legislatif yang tak lolos ke parlemen

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Indonesia (Pappri) Sumatera Barat mencatat ada 22 orang calon legislatif dari kalangan artis yang maju dari Sumbar. Sekretaris Pappri Sumbar, N Nofi Sastra mengatakan dari 22 caleg artis tersebut tidak ada yang lolos ke parlemen baik dari tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten kota.

"Ada 22 caleg artis dari Sumbar. Sejauh ini belum ada yang berhasil lolos menjadi anggota dewan," kata Nofi, Jumat (17/5).

Nofi mensilanyir penyebab kegagalan caleg artis dari Sumbar karena provinsi tersebut mayoritas menjadi basis pendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Sementara caleg artis di Sumbar lebih dominan maju dari partai barisan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin seperti Partai Solidaritas Indonesia, Perindo, PDIP, Golkar dan lain-lain. Sementara fakta dari rekapitulasi KPU, partai yang berjaya di Sumbar adalah PAN dan Gerindra.

Ketua Pappri Padang Adityawarman menyebut kegagalan caleg artis di Sumbar karena sulit bersaing dengan caleg-caleg senior dari partainya sendiri. Karena para artis juga bersaing dengan caleg senior yang sudah berstatus petahana.

Hal yang sama menjadi penyebab kegagalan caleg artis dari partai pendukung Prabowo-Sandi. Di mana caleg-caleg artis seperti Nelson (Gerindra), Noca Prayuli Syahril (Ocha Oktavia) dan Rosni Yenti Rustam (Yen Rustam) dari PKS kalah bersaing oleh senior partainya sendiri.

Adityawarman menyebut pihaknya semula mengharapkan kelolosan caleg artis ini ke parlemen supaya bisa menjadi penyalur aspirasi para penggerak dunia seni di Indonesia dan Sumbar.

''Semoga para artis tidak patah semangat karena gagal ke parlemen. Semoga terus berkarya bagi bangsa,'' ujar Adityawarman.

Beberapa caleg artis dari Sumbar yang maju untuk pertarungan legislatif di DPR RI di antaranya Ferry Zein dari Perindo dan Marce Utari (Tari KDI) dari PSI. Untuk DPRD Sumbar di antaranya ada Anroys Novristian  dari PSI, Nelson dari Gerindra, Noca Prayuli Syahril  dari PKS, Rosni Yenti Rustam dari PKS dan Renima Zahrani  dari Nasdem

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA