Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Saturday, 11 Sya'ban 1441 / 04 April 2020

Resmi Unggul, Jokowi-Maruf: Puji Syukur kepada Allah

Selasa 21 May 2019 13:44 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Calon presiden dan cawapres terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Calon presiden dan cawapres terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menyampaikan pidato kemenangannya di Kampung Deret, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5).

Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Jokowi dan Ma'ruf pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden dan calon wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin memberikan pidato kemenangannya setelah resmi unggul dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. Pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf ini digelar di Kampung Deret, RT 14/01, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (21/5) siang.

Baca Juga

"Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kehadiran Allah SWT. Rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 pada dini hari tadi rakyat Indonesia telah menentukan pilihannya, baik dalam pileg maupun pilpres," ujar Jokowi yang didampingi Ma'ruf Amin. 

Hasil resmi dari rekapitulasi pemilu nasional ini merupakan bentuk dari kedaulatan rakyat. Jokowi dan Ma'ruf pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh rakyat atas kemenangan yang diraihnya. 

"Saya dan KH Ma'ruf amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua," kata Jokowi. 

Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun juga mengapresiasi kerja keras penyelenggara dan pengawas pemilu, baik KPU maupun Bawaslu, tokoh masyarakat, aparat keamanan, serta peserta pemilu dalam menyelenggarakan pemilu yang adil dan jujur. Jokowi berjanji, amanah yang diberikan oleh rakyat akan diwujudkan melalui program-program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan lapisan masyarakat di Tanah Air.

Setelah dilantik pada Oktober nanti, Jokowi dan Ma'ruf juga berjanji akan menjadi pemimpin yang mengayomi seluruh masyarakat Indonesia. "Kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, bagi 100 persen rakyat Indonesia," ujarnya. 

Ia pun mengajak masyarakat untuk bersatu membangun bangsa sehingga tercipta kedamaian dan kesejahteraan bagi generasi mendatang.

Berdasarkan hasil perhitungan akhir KPU, pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin mendapatkan 85.607.362 suara atau 55 persen suara. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 suara atau 44,5 persen. 

Pasangan nomor urut 01 itu tercatat unggul di 21 provinsi, sementara pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. KPU juga mencatat total suara pada pemilu 2019 ini mencapai 158.012.509, dengan jumlah suara sah sebanyak 97,62 persen dan suara tidak sah sebesar 2,38 persen. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA