Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Nasdem Sebut Lobi Posisi Pimpinan Parlemen Mulai Dibicarakan

Selasa 21 Mei 2019 13:51 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G. Plate  di Posko TKN, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Johnny G. Plate di Posko TKN, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Plate menyebut, dengan hasil ini, Nasdem berpotensi 'naik kelas' di parlemen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate menyatakan mengatakan lobi-lobi sudah mulai dilakukan terkait posisi pimpinan di parlemen, baik DPR maupun MPR. Di DPR dan MPR periode mendatang, Nasdem tidak hanya mengisi sebagai anggota, melainkan bisa mendapatkan posisi pimpinan.

Baca Juga

"Kalau itu mulai dari sekarang sudah mulai dibicarakan lobi-lobi sudah mulai dilakukan. Kalau yang berhubungan dengan Nasdem kami tentu akan mengisi posisi-posisi dengan figur-figur politik yang konstrutif dan kontributif tentunya," ujar Plate di Kompleks DPR RI, Jakarta, Selasa (21/5).

Nasdem yang menorehkan hasil positif berdasarkan rekapitulasi KPU dengan persentase 8,77 persen dipastikan bakal mengisi posisi pimpinan DPR. Plate menyebut, dengan hasil ini, Nasdem berpotensi 'naik kelas', di mana sebelumnya hanya menjadi anggota-anggota komisi.

Terkait posisi-posisi itu, Plate menyatakan, Nasdem berbicara terlebih dahulu dengan seluruh partai koalisi terlebih dahulu, khususnya partai koalisi dengan suara yang tinggi seperti PDIP, PKB dan Golkar. Sebab, partai partai itu juga mengincar posisi yang sama. 

Selain berbicara dengan partai koalisi, Plate mengatakan, Nasdem melakukan pembahasan internal untuk posisi pimpinan DPR. Nasdem juga menyiapkan kadernya untuk menjadi pimpinan MPR.

Plate belum memastikan kapan pembahasan terkait posisi pimpinan parlemen, baik di DPR maupun MPR bakal difinalisasi. "Ya tentu nanti ada penugasan-penugasan politik, ya, karena mendapat kursi pimpinan maka akan kita bicarakan," kata dia.

Meski partai koalisi lain juga menyiapkan kadernya untuk pimpinan MPR, Plate menolak menyebut hal ini sebagai kompetisi dalam koalisi. "Itulah dinamis dan seninya berpolitik di situlah dinamis dan seni-nya nanti negosiasi politik," ujar Plate. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA