Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Sejumlah Pusat Perbelanjaan Sekitar Thamrin Tetap Beroperasi

Rabu 22 May 2019 16:25 WIB

Red: Christiyaningsih

Pusat pertokoan Tanah Abang tutup sebagai dampak dari aksi unjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5).

Pusat pertokoan Tanah Abang tutup sebagai dampak dari aksi unjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Sejumlah pusat perbelanjaan di sekitar Jalan Thamrin tetap buka saat ada aksi 22 Mei

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pusat perbelanjaan di sekitar Jalan Thamrin-Bundaran HI, Jakarta Pusat, masih tetap beroperasi. Beberapa pusat perbelanjaan tetap buka meski di sepanjang jalan tersebut ditutup sementara karena ada aksi massa di Gedung Bawaslu, Rabu (22/5).

Pantauan Antara di Plaza Indonesia yang terletak di Jalan Thamrin hingga pukul 13.00 WIB masih buka seperti biasa. Jika diamati dari luar gedung, pusat perbelanjaan tersebut tampak seperti tutup.

Baca Juga

Apalagi di pintu masuk melalui Pintu Thamrin sudah dipasang barikade berupa kawat berduri. Namun, pengelola membuka akses menuju mal tersebut salah satunya melalui lobi The Plaza yang berada di sebelah utara Plaza Indonesia.

Sejumlah petugas keamanan setempat disiagakan di pintu masuk. Pemeriksaan kepada para pengunjung dilakukan lebih ketat dan berlapis. Meski pusat perbelanjaan mewah itu beroperasi, sebagian toko di dalamnya memilih tutup. Beberapa di antaranya masih tetap buka walaupun sepi pengunjung. "Saya masih tetap kerja," kata Alvin, pegawai toko perhiasan di Plaza Indonesia.

Beberapa toko yang buka di antaranya gerai makan dan minum salah satunya penjualan minuman kopi berjaringan internasional. Beberapa pengunjung masih tetap terlihat berkeliling di sekitar pusat perbelanjaan itu. "Saya mau kerja untuk shift siang jadi sekalian mampir beli minum dahulu," kata pengunjung Roset yang bekerja di Hotel Keraton.

Pemandangan senada juga terlihat di Grand Indonesia, pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Thamrin. Di Lobi Rama, sejumlah toko di dalamnya memilih tutup. Namun, beberapa toko lainnya bertahan untuk tetap buka meski hingga beranjak siang belum banyak pengunjung.

"Biasanya kalau siang mulai ramai. Selama belum ada instruksi tutup dari atasan, kami tetap buka," kata pegawai toko kue La Maison, Fensi Prasetyo. Dia juga masih bekerja seperti biasa memproduksi kue.

Beberapa pengunjung yang ditemui mengaku memilih ke mal untuk menghindari aksi massa yang terjadi di depan Gedung Bawaslu. "Kami ke mal karena melihat situasi tidak kondusif di luar. Sementara di dalam mal, tokonya tutup juga, jadi kami menunggu situasi dahulu," kata pengunjung bernama Noviansyah.

Tidak jauh berbeda dengan kedua mal tersebut, pusat perbelanjaan Thamrin City yang berada tidak jauh dari Grand Indonesia masih beroperasi seperti biasa. Kendati demikian beberapa toko di dalamnya memilih tutup. Sebagian lainnya memilih tetap buka, salah satunya restoran cepat saji.

Salah satu mal yang tidak beroperasi adalah Sarinah yang berlokasi persis di seberang Gedung Bawaslu. Ribuan petugas kepolisian bersiaga di sekitar kawasan tersebut mengantisipasi aksi massa yang kecewa terkait dengan hasil Pemilu 2019.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA