Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

UBSI Tasikmalaya Sosialisasikan PKM kepada Mahasiswa

Kamis 23 May 2019 06:39 WIB

Red: Irwan Kelana

Suasana seminar Program  Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh UBSI Tasikmalaya.

Suasana seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh UBSI Tasikmalaya.

Foto: Dok UBSI
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bermanfaat untuk memicu inovasi mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Tasikmalaya mengadakan seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema “Penciptaan Karya Ilmiah Kreatif Wujud Prestasi Mahasiswa”. Seminar dilaksanakan di aula UBSI Tasikmalaya, Jalan  Tanuwijaya, Kota Tasikmalaya,  Rabu (15/5).

Seminar PKM ini dinilai  sukses menarik perhatian 85 mahasiswa dari semester 2 dan 4. Deddy Supriadi selaku kepala Prodi Sistem Informasi UBSI Tasikmalaya  mengatakan,  dengan mengikuti PKM, mahasiswa dapat membuat sesuatu yang baru, yang berguna untuk masyarakat.

“Maka dari itu,  seminar ini digelar untuk menyosialisasikan  PKM dan memberikan tips serta trik dalam penyusunan proposal PKM yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti,” kata Deddy dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/5).

photo
Para peserta seminar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UBSI Tasikmalaya berfoto bersama seusai seminar.

Ia menambahkan, PKM bermanfaat bagi mahasiswa untuk memicu inovasi dalam berbagai bidang yang bisa diterapkan di masyarakat. Bidang-bidang PKM itu mencakup antara lain   bidang teknologi, kewirausahaan, karya cipta, dan  penulisan ilmiah.

Pembicara pada seminar tersebut, Miftah Adiwisastra, selaku perwakilan dari bagian kemahasiswaan UBSI Tasikmalaya  mengungkapkan, pelaksanaan PKM terkait  salah satu isi yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,  yakni penelitian.

“Ide mahasiswa dituangkan dalam bentuk proposal dengan judul yang menarik dan memiliki manfaat untuk masyarakat. Dan nantinya proposal yang dibuat mahasiswa akan dikirim ke Dikti untuk melalui tahap pemeriksaan kelayakan dan penilaian proposal. Jika proposal dianggap berhasil dinyatakan lulus penilaian dan permeriksaan,  maka akan diberikan dana untuk merealisasikan apa yang ditulis di proposal tersebut,” jelas Miftah.

Seminar PKM dilaksanakan secara rutin oleh UBSI Tasikamlaya.  “Tujuannya untuk menyosialisasikan, memotivasi dan  mendukung mahasiswa untuk berani menuangkan serta merealisasikan ide-ide kreatifnya serta bermanfaat bagi masyasrakat melalui program PKM yang diselenggarakan Dikti setiap tahunnya,” paparnya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA