Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Menhub: Peralihan Penumpang Pesawat ke Kapal Relatif Sedikit

Sabtu 25 May 2019 15:11 WIB

Red: Esthi Maharani

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
pemerintah tetap meminta Pelni untuk bersiap menghadapi penambahan jumlah penumpang

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai jumlah pemudik yang beralih dari menumpang pesawat ke kapal laut relatif sedikit. "Ada, tapi tidak terlalu," kata Menteri usai melakukan kunjungan di Pelabuhan Batuampar, Batam, Sabtu (25/5).

Menurut dia, penumpang Pelni Batam lebih banyak orang yang biasa bolak-balik Batam-Belawan menggunakan kapal laut. Dari 10 orang yang ditanya Menteri, hanya 1 orang yang memang beralih dari biasa menggunakan pesawat, menjadi kapal.

Meski begitu, pemerintah tetap meminta Pelni untuk bersiap menghadapi penambahan jumlah penumpang. "Saya sampaikan ke Pelni harus dipersiapkan jumlah kapal harus memadai," kata Menteri.

Pelni juga diminta menyiapkan angkutan premium. Di samping itu, untuk angkutan yang padat penumpang seperti Batam-Belajar, tetap harus dilayani maksimal. Secara korporasi, pelayanan Pelni memberikan keuntungan, dan masyarakat pun menikmati perjalanannya.

Menteri juga meminta Pelni untuk terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui perkiraan cuaca demi keselamatan pelayaran. "Yang penting dari Pelni, manifes harus ada dan bila ada penumpang gelap, harus dibatalkan," tegas Menteri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA