Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Layangan dan Misteri Kematian Harun Al Rasyid

Senin 27 Mei 2019 06:03 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Nugroho H abibi/ Red: Elba Damhuri

Kondisi rumah duka korban kekerasan 22 Mei, Muhammad Harun Al Rasyid di RT 09/RW 10 Nomor 81, Duri Kepa, Jakarta Barat, Sabtu, (25/5).

Foto:
Republika mendatangi tempat kejadian penganiayaan seperti terekam video yang viral.

Menurut Nurma, sekitar Kamis malam pukul 21.45, seseorang mendatangi rumah korban untuk meminta data Harun. Ayah Harun, Didin Wahyudin, kata Nurma, sempat ragu bahwa korban adalah Harun.

Akan tetapi, saat dilakukan pencocokan data ternyata anak itu seperti ciri-ciri yang dimiliki Harun. "Anak itu, memang tidak membawa identitas apa pun saat keluar. Apalagi, tidak pamit," ujarnya.

Berdasarkan sepengetahuannya, Harun sempat dilarikan ke RS Dharmais, Palmerah, Jakarta Barat, sebelum dipindahkan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Pihak keluarga sempat merahasiakan kejadian tersebut kepada ibu Harun. "Ibu dan kakak Harun kita bohongin agar tidak sedih. Karena, dia sudah tidak pulang dari Rabu. Ayahnya terus mencari," katanya.

Hujan tangis akhirnya pecah saat kedatangan jasad Harun. Selain kedua orang tuanya, kakak Harun, Anisa, yang paling terpukul. Nurma mengatakan, Anisa terus-menerus mengatakan “itu adik disakiti .…”

Belakangan, sebuah video penganiayaan oleh beberapa aparat Brimob viral. Penganiayaan itu diduga dilakukan di dekat Masjid Al Huda, Jalan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Akun medsos Mustofa Nahrawardaya, koordinator Relawan IT Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sempat menuliskan bahwa yang dipukuli itu adalah Harun. Mustofa kemudian ditangkap polisi terkait cicitan itu, kemarin.

Republika mencoba menelusuri area sekitar Masjid Al Huda terkait video itu, kemarin. Di sana, ada sejumlah kecocokan tempat seperti yang berada dalam video.

Salah satunya adalah tembok berwarna biru yang berada di belakang masjid. Selain itu, lahan kosong di kanan Masjid Al Huda sebagian besar telah disemen serta ditumbuhi tanaman liar seperti yang berada dalam video.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA