Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Ribuan PHL Kota Bandung Dapat Bantuan Lebaran

Senin 27 May 2019 16:12 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Pekerja Harian Lepas (PLH)

Pekerja Harian Lepas (PLH)

Foto: Mahmud Muhyidin
Total zakat yang dibagikan yaitu sebesar Rp3,6 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung selama ini menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Bandung. Sambut lebaran ini, zakat para ASN disalurkan kepada belasan ribu pekerja harian lepas (PHL) dan petugas gorong-gorong hingga petugas operasional dan Sukwan Pemkot Bandung. Sebanyak 12.021 orang pekerja menerima bantuan yang diberikan di Masjid Al Ukuwah Kota Bandung, Senin (27/5). Total zakat yang dibagikan yaitu sebesar Rp3,6 miliar.

"Jangan melihat nilainya. Tetapi gunakan untuk kepentingan yang diperlukan. Untuk keluarga dan untuk kebutuhan mendesak," kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat memberikan bantuan secara simbolis.

Oded pun mengingatkan agar para penerima zakat selalu mendoakan kepada ASN yang telah menyisihkan sebagian hartanya bagi yang membutuhkan. Di samping itu, Oded berterima kasih kapada ASN yang telah menyisihkan serta selalu berbagi kepada yang membutuhkan. Menurutnya, harta yang sudah dimiliki, tidak semuanya menjadi hak. Ada beberapa bagian merupakan hak orang lain.

"ASN tiap bulannya menyisihkan sebagian rezekinya dikumpulkan di Baznas dan dapat memberikan kebaikan seperti ini. Terima kasih kepada ASN, kita doakan mudah-mudahan semakin banyak rezeki,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Bandung, Maman Abdurrahman menyampaikan, pemberian zakat tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, setiap penerima mendapatkan Rp250.000. Sedangkan tahun ini menerima Rp300.000 perorangnya.

Menurut Maman, zakat yang digelontorkan ASN setiap bulan cukup bervariatif. Bahkan bisa mencapai Rp2 miliar per bulan. Ia berpesan kepada penerima zakat untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

"Walaupun sederhana, mudah-mudah bermanfaat. Gunakan untuk hal yang bermanfaat khususnya bagi yang mereka sudah punya keluarga. Itu tidak besar, tapi gunakan untuk yang sifatnya segera," tutur Maman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA