Wisata Lebak-Pandeglang Fokus Pengamanan Libur Lebaran

Red: Ani Nursalikah

 Rabu 05 Jun 2019 05:15 WIB

Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten. Foto: Antara/Muhammad Adimadja Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten.

Tempat wisata dan pantai sekitarnya aman dikunjungi wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Tempat-tempat wisata yang sebagian besar berupa pantai di Kabupaten Lebak serta Pandeglang, Banten, menjadi fokus pengamanan kepolisian menjelang libur Lebaran.

"Persiapan Ramadhan kami fokus tempat ibadah dan tempat wisata karena wilayah Lebak mempunyai 10 destinasi wisata favorit di Banten," ujar Wakapolres Lebak Kompol Wendy Andrianto kepada wartawan di Lebak, Banten, Kamis (16/5).

Tempat wisata yang populer di Lebak, antara lain Pantai Pasir Putih Sawarna, Pantai Karang Songsong, Pantai Bagedur, Desa Adat Baduy serta pemandian air panas. Sebanyak 200 personel polisi diterjunkan ke tempat wisata tersebut, termasuk untuk membantu pencarian dan penyelamatan (SAR).

Secara terpisah, Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lukito mengatakan dalam Operasi Ketupat 2019 di Pandeglang yang menjadi fokus pengamanan adalah lokasi-lokasi wisata. "Tempat wisata menjadi prioritas, ada Pantai Carita dan Tanjung Lesung. Meskipun kami tidak tahu tahun ini wisata seperti apa, setelah terkena tsunami," ujar Indra.

Menurut dia, setelah terjadi tsunami pada akhir Desember 2018 kunjungan wisatawan nampak berkurang. Untuk pengamanan lokasi-lokasi wisata di Pandeglang, sebanyak 300 personel akan diterjunkan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan sektor wisata di Provinsi Banten, khususnya wisata pantai, mulai menggeliat pascastunami. Hal itu tercermin dari Tingkat Penghunian Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang, yang mulai dipenuhi wisatawan domestik. Dinas Pariwisata Banten pun terus mengampanyekan wisata Pantai Anyer dan pantai sekitarnya aman untuk dikunjungi wisatawan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X