Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Hatta Ungkap Keinginan Ani Saat akan Dirawat di Singapura

Ahad 02 Jun 2019 18:26 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita

Hatta Rajasa

Hatta Rajasa

Foto: ROL
Hatta dan Ani memiliki kesepakatan untuk pulang ke Tanah Air bersama-sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Besan susilo bambang yudhoyono (SBY), hatta rajasa , mengenang ingatan yang dia lalui bersama dengan ani yudhoyono sebelum meninggal. Hatta mengungkapkan, keduanya memiliki kesepakatan untuk pulang ke Tanah Air dari Singapura bersama-sama.

"Saya memang sudah pulang lagi sama ibu, tetapi ibu pulang naik pesawat hercules dan ibu sudah tidak ada," kata Hatta Rajasa di Taman Malam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jalarta Selatan pada Ahad (2/5).

Hatta mengatakan, kesepakatan itu mereka buat saat istri presiden RI keenam itu bertolak ke Singapura guna menjalani perawatan. Ani Yudhoyono memang diterbangkan dari Singapura ke Indonesia menggunakan pesawat Hercules pada Sabtu (2/6) lalu usai di shalati di Negeri Seribu Satu Larangan itu.

Mantan ketua umum partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan, Ani mengutarakan keinginan untuk pulang bersmaa itu pada 2 Februari lalu saat berangkat dari Jakarta ke Singapura. Saat itu, Hatta mengungkapkan, dia dan Ani sesang berada dalam satu pesawat yang sama.

Mantan menteri Koordinator Bidang Perekonomian di masa pemerintahan SBY itu mengaku kehilangan atas kepergian Ani Yudhoyono. Dia menilai, Ani merupakan sosok yang sangat cerdas, rasional, tetapi juga sangat humanis, tegas serta serius.

photo
Alm Ani Yudhoyono di Cikeas.Suasana penjagaan peti Almarhum Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Ahad (2/5). (Fakhri Hermansah)

Seperti diketahui, Kristiani Herrawati atau ani yudhoyono meninggal dunia dalam perawatan di National University Hospital pada Sabtu pukul 11.50 siang waktu setempat. Istri presiden keenam SBY itu tutup usia pada usia 67 tahun setelah terpapar kanker darah.

Ani Yudhoyono dimakamkan sekitar pukul 15.00 WIB di TMP Kalibata, tepatnya di Blok M 129 TMP Kalibata berada satu meter di depan makam istri Habibie, Ainun. Proses pemakaman Ani dilakukan seacara militer. Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah tokoh nasional hadir dalam upacara pemakaman Ani Yudhoyono semisal presiden kedua RI BJ Habiebie, istri presiden ketiga RI Abdurahman Wahid, Sinta Nuriah yang datang bersama dengan putrinya Yenny Wahid dan presiden keempat RI Megawati Soekarnoputri.

Sejumlah kepala daerah seperti Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa juga hadir dalam kesempatan itu. Begitu juga menteri kabinet kerja Jokowi seperti Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menaker Hanif Dhakiri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga hadir dalam acara itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA