Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Jelang Malam Takbiran, Lalin di Jalur Puncak Ramai Lancar

Selasa 04 Jun 2019 15:53 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bayu Hermawan

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat (ilustrasi)

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kasatlantas Polres Bogor siap menerapkan sistem satu arah di jalur puncak.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Arus lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, pada H-1 Idul Fitri atau Selasa (4/6), terpantau ramai lancar. Jelang malam takbiran, arus lalu lintas di jalur tersebut lebih didominasi oleh warga yang hendak berlibur, dibandingkan yang menempuh perjalanan mudik.

Dari pantauan Republika.co.id, sejak Selasa pagi hingga pukul 15.00 WIB, jalur puncak masih ramai lancar. "Sekarang hingga H+5 pengguna jalur puncak didominasi oleh warga yang berlibur," ujar Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri.

Fadli melanjutkan, peningkatan arus lalu lintas di jalur Puncak akan kembali terjadi pada H+2 Idul Fitri. Namun, hal itu bukan karena adanya arus balik lebaran, namun karena warga yang berlibur. Menurut Fadli, lonjakan pengunjung ke objek wisata tersebut akan diantisipasi dengan pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA). Ia mengatakan, masyarakat dari arah Jakarta menuju arah puncak bisa menggunakan pemberangkatan pada pagi hingga siang hari.

"Untuk menuju Puncak, pemberlakuan sistem satu arah diberlakukan. Pukul 07.00 WIB hingga 14.00 WIB prioritas jalur itu menuju puncak," katanya.

Ia menjelaskan, wilayah Bogor bukan merupakan wilayah arus balik ataupun mudik. Oleh Karena itu, arus lalu lintas dari Bogor didominasi oleh wisatawan menuju objek wisata ke arah puncak.  "Pantauan pemudik menuju Cianjur hingga Bandung memang ada sejak kemarin, tetapi tidak berarti," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA