Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Harga Daging Sapi di Medan Melonjak Rp 130 Ribu per Kg

Selasa 04 Jun 2019 16:37 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pedagang daging sapi menunggu pembeli (ilustrasi)

Pedagang daging sapi menunggu pembeli (ilustrasi)

Foto: Antara/Saiful Bahri
Harga daging sapi di Medan melonjak Rp 130 ribu per Kg dari biasanya Rp 110 ribu

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga daging sapi di pasar Kota Medan, Sumatera Utara pada H-1 Lebaran 2019 mencapai Rp 120 ribu hingga Rp 130 ribu per kg. Angka ini naik Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per kg dari harga normal.

Baca Juga

Pedagang daging di Pasar Simpang Limun, Yunus, di Medan, Selasa mengatakan, harga daging itu sudah bergerak naik sejak Sabtu.

"Sebenarnya saat mau puasa Ramadhan harga juga sudah segitu (Rp 120 ribu - Rp 130 ribu per kg). Tetapi sempat kembali normal dan naik lagi mendekati Lebaran," katanya.

Dia menyebutkan, permintaan daging sapi sudah mulai banyak sejak Sabtu lalu. Meskipun, kata Yunus lagi, konsumen membeli dalam jumlah terbatas.

Kepala Perum Bulog Divre I Sumut, Basirun menyebutkan, Bulog sudah menjual daging kerbau beku di sejumlah lokasi dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp 80 ribu per kg. Dia menyebutkan, permintaan daging kerbau beku menjelang Lebaran meningkat.

"Lonjakan harga daging sapi memang sulit dihindari karena permintaan banyak. Tetapi, ketersediaan daging kerbau beku bisa menjadi pilihan konsumen," katanya pula.

Basirun menegaskan, stok daging Bulog sekitar 41 ton sudah digelontorkan secara bertahap ke pasar dan sejumlah lokasi lainnya.

"Bulog tidak khawatir stok habis, karena akan terus ada pasokan tambahan," katanya lagi.

Meski begitu konsumen di Pasar Sambas, Medan, Lina mengaku tetap membeli daging sapi segar, meski mengetahui ada daging kerbau beku."Untuk rendang rasanya tetap aja daging sapi segar. Daging kerbau enak untuk dendeng," katanya pula.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA