Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Sakit Tak Halangi Habibie Ziarah ke Makam Istri

Rabu 05 Jun 2019 17:55 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Christiyaningsih

Presiden ke-3 RI BJ Habibie berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Presiden ke-3 RI BJ Habibie berziarah ke makam istrinya, Hasri Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Walau sakit Habibie tetap berziarah ke makam sang istri ditemani keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit bukan halangan bagi mantan presiden ketiga RI BJ Habibie untuk berziarah ke makam mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie. Pada Rabu (5/6) Habibie terlihat mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan dipapah oleh Paspampres dan salah satu cucunya.

Baca Juga

Habibie berjalan pelan menuju pusara cinta sejatinya yang telah meninggal sembilan tahun lalu. Ziarah ke makam Ainun adalah kegiatan rutin yang dilakukan Habibie dan keluarga di hari pertama Lebaran.

Sempat beberapa kali warga mendekat untuk bersalaman dan meminta foto dengannya. Namun, ia menolak dengan halus dan tersenyum. “Nanti dulu ya,” ujarnya.

Saat tiba di pusara sang istri, ia duduk di kursi yang telah disiapkan di samping makam Ainun. Habibie ditemani salah satu anaknya, Ilham Akbar Habibie, dan dua cucunya. Mereka terlihat khusyuk berdoa.

Saat dzikir diucapkan pria berusia 83 tahun ini terlihat mengambil tasbih berukuran besar yang ia kalungkan di leher. Dengan penuh penghayatan dan hati–hati, ia hitung butiran–butiran tasbih itu.

Di tengah lantunan doa, Habibie terlihat meringis kesakitan namun ia tidak menghiraukannya. Ia tetap melanjutkan doa untuk istri tercinta. Setelah berdoa, Habibie menaburkan bunga di pusara Ainun dan mencuci nisannya.

Saat akan meninggalkan makam, Habibie mengatakan kepada wartawan yang hadir ia sedang sakit. Kondisi yang tidak sehat membuatnya tidak bisa banyak bergerak dan berbicara sehingga tidak bisa meladeni pertanyaan dari wartawan.

Ainun meninggal dunia di Munchen, Jerman pada 22 Mei 2010 di usia 72 tahun. Habibie dikenal dengan suami yang sangat mencintainya istrinya. Perjalanan cinta mereka berdua pun pernah diabadikan dalam film berjudul Habibie dan Ainun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA