Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Sunday, 24 Zulhijjah 1440 / 25 August 2019

Tiga Wisatawan Tenggelam di Pantai Sukabumi Diselamatkan

Senin 10 Jun 2019 15:28 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini

Pengunjung memadati kawasan wisata pantai di selatan Kabupaten Sukabumi seperti Pantai Palabuhanratu sehari setelah lebaran Kamis (6/6).

Pengunjung memadati kawasan wisata pantai di selatan Kabupaten Sukabumi seperti Pantai Palabuhanratu sehari setelah lebaran Kamis (6/6).

Foto: dok. Balawista Palabuhanratu
Tiga wisatawan berenang di daerah terlarang di Pantai Istiqomah, Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak tiga orang wisatawan asal Kota Bogor tenggelam di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Senin (10/6) pagi. Ketiganya berhasil diselamatkan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi yang berjaga di sekitar lokasi kejadian.

Data dari Balawista Sukabumi menyebutkan, ketiga wistawan itu adalah Galih (17 tahun), Arya (14 tahun), dan Pabi Sudatman (16 tahun) warga Jalan Mayor Oking RT 04 RW 06, Kota Bogor. Dari tiga orang tersebut satu orang korban yakni Pabi harus mendapatkan penanganan intensif dan dibawa ke RSUD Palabuhanratu.

Baca Juga

‘’Kecelakaan laut itu terjadi pada Senin sekitar pukul 07.00 WIB,’’ ujar Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada wartawan, Senin (10/6). Ketiga orang korban tersebut berenang di laut kemudian tenggelam.

Selanjutnya, kata Asep, ketiga orang itu terselamatkan dan dua orang dalam keadaan sehat. Sementara korban satu lagi atas nama Padi dibawa ke RSUD Palabuhanratu karena banyak meminum air laut sehingga harus mendapatkan penanganan khusus.

‘’Posisi korban berenang di area bendera merah dan kami sudah imbau bahwa tanda bendera merah sangat berbahaya,’’ kata Asep. Namun, peringatan tersebut tidak dihiraukan sehingga terjadilah kasus tersebut.

Dengan kasus tersebut maka jumlah korban tenggelam yang diselamatkan petugas selama momen libur Lebaran bertambah banyak. Sebelumnya hingga Ahad (9/6) tercatat sebanyak 13 wisatawan tenggelam yang terselamatkan di pantai selatan Kabupaten Sukabumi. 

 ‘’ Hingga H+4 lebaran, jumlah kecelakaan laut mencapai sebanyak tujuh kasus dengan 13 orang koban terselematkan,’’ ujar Asep. Pada Ahad (9/6) atau H+4 lebaran dilaporkan satu kasus kecelakaan laut di Pos IP/NR dengan satu orang terselamatkan.

Sementara pada Sabtu (8/6) atau H+3 Lebaran tercatat ada dua kejadian wisatawan tenggelam yang terselematkan. Dua kejadian tersebut terjadi di Pos Citepus dengan sebanyak tiga orang terselamatkan dan di Pos Sanset Karang Papak dengan satu orang terselamatkan.

Pada hari sebelumnya Jumat (7/6) ada dua kejadian di Pos Karanghawu Kebon Kelapa  dua orang terselamatkan dan di Lapang Kadaka tiga orang terselamatkan. Selanjutnya pada Kamis (6/6) atau H+1 lebaan dilaporkan dua kejadian kecelakaan laut. Rinciannya di Pos Karanghawu I sebanyak 1 orang terselamatkan dan Pos Samudra Karangnaya sebanyak 2 orang terselamatkan.

‘’Pengunjung tenggelam tersebut semuanya terselamatkan oleh petugas penjaga pantai Balawista,’’ kata Asep. Ke depan Balawista tetap melakukan penjagaan rutin pada momen musim libur hingga Ahad (16/6) mendatang.

Asep berharap, kasus kecelakaan laut ini bisa dicegah dengan adanya kewaspadaan dari para pengunjung. Para wisatawan juga harus mematuhi rambu-rambu peringatan yang dipasang di sepanjang pantai. Selain itu, menaati arahan dari petugas di lapangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA