Pemudik Serbu Posko Arus Balik Baznas untuk Pemotor

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda

 Senin 10 Jun 2019 17:33 WIB

Pemudik sepeda motor melintasi Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6). Foto: Republika/Putra M. Akbar Pemudik sepeda motor melintasi Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

Para pemudik juga bisa mendapat layanan kesehatan gratis dari Rumah Sehat Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah telah usai, warga yang pulang kampung pun berbondong-bondong kembali ke kota perantauan. Baznas menyediakan posko layanan khusus untuk pemudik dengan sepeda motor, agar dapat beristirahat melepas lelah sejenak selama berkendara pulang.

“Alhamdulillah, layanan posko khusus sepeda motor yang kami sediakan banyak dimanfaatkan pemudik yang kembali dari kampung halaman,” ujar Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/6).

Menurut dia, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menurunkan tim Layanan Aktif Baznas (LAB), Rumah Sehat Baznas (RSB) dan Baznas Tanggap Bencana (BTB), untuk melayani arus mudik dan arus balik. Mereka, khususnya BTB, dengan sigap menghadirkan Posko Arus Balik khusus untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Posko Arus Balik Sepeda Motor, jelas Irfan, menyediakan layanan sama dengan layanan Posko Mudik Sepeda Motor sebelumnya. Berbagai layanan Posko Arus Balik Sepeda Motor meliputi tempat istirahat, layanan pengisian ulang, baterai gawai dan dapur air yang menyediakan aneka minuman hangat dan makanan ringan.

Selain itu, Baznas Tanggap Bencana juga menyediakan layanan kesehatan yang ditangani langsung oleh dokter dan perawat dari Rumah Sehat Baznas Indonesia. “Kami membuka Posko Arus Balik Sepeda Motor di tiga lokasi. Untuk jalur utara ada di halaman Masjid Al-Anwar, Kecamatan Pengenan, Kabupaten Cirebon. Jalur selatan, di halaman Masjid Jami’ Al Mahdiyyin, Kecamatan Nagreg, Jawa Barat. Sedangkan Posko Arus Balik jalur Yogya-Solo berada di halaman SPBU Ambarketawang, Jalan Wates KM 6 DIY,” ujar Irfan.

Keberadaan Posko Arus Balik Baznas ini, menjadi pilihan para pemudik sepeda motor sebagai tempat istirahat untuk melepas lelah sejenak, sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Baca Juga

Berita Lainnya

Play Podcast X