Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Senin, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Uji Coba Fungsional Jalan Tol Cijago Seksi II Diperpanjang

Rabu 12 Jun 2019 08:12 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Cisalak-Margonda-Kukusan sudah rampung dikerjakan dan siap untuk dioperasikan pada akhir Juni 2019. Rencananya sebelum diresmikan akan digratiskan pada akhir Mei 2019.

Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Cisalak-Margonda-Kukusan sudah rampung dikerjakan dan siap untuk dioperasikan pada akhir Juni 2019. Rencananya sebelum diresmikan akan digratiskan pada akhir Mei 2019.

Foto: Dok PT TLKJ
Langkah ini untuk mengamati dampak kondisi lalu lintas di akses keluar dan masuk tol.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Uji coba jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Cisalak-Kukusan yang semula berakhir pada Senin (10/6) diperpanjang hingga sepekan ke depan, Senin (17/6). Perpanjangan uji coba tersebut sudah dikoordinasikan dengan pihak Satlantas Polresta Depok dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok serta telah mendapat persetujuan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Kami sudah beritahukan ke Satlantas Polresta Depok, Dishub Depok dan mendapat persetujuan BPJT," kata Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), Hilman Muksin, Selasa (11/6).

PT TLKJ selaku operator jalan Tol Cijago telah mandapat persetujuan perpanjangan uji coba fungsional jalan Tol Cijago Seksi II dari BPJT yang tertuang dalam surat BM.07.02-260 tertanggal 10 Juni 2019 yang ditandatangani Kepala BPJT Danang Parikesit.

Dalam surat tersebut disampaikan, uji coba fungsional jalan Tol Cijago Seksi II diharapkan dapat membantu pergerakan lalu lintas, khususnya di kawasan Jalan Margonda dan Kukusan serta dalam rangka uji coba pengaturan dan dampak kondisi lalu lintas di akses keluar dan masuk pada saat hari kerja.

"Kami ingin mengetahui lebih jauh dampak lalu-lintas di pintu keluar dan pintu masuk jalan Tol Cijago Seksi II pada saat hari kerja dan selanjutnya akan dianalisa serta dikaji untuk tidak menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas," jelas Kepala BPJT Danang Parikesit.

Uji coba fungsional jalan Tol Cijago Seksi II Cisalak-Kukusan sudah diberlakukan sejak Senin (3/6) hingga Senin (10/6). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik dan arus balik.

Tarif Rp 4.500 hanya diberlakukan jika melanjutkan perjalanan ke arah jalan Tol Cijago Seksi I dan juga dari arah sebaliknya. Kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2, dan GT Kukusan 2.

Untuk arah sebaliknya yakni dari Kukusan dan Margonda menuju ke Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay) yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, GT Cisalak 1, dan GT Cisalak 3.

Sedangkan, GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani kendaraan dari arah Jalan Raya Bogor ke Kukusan dan Margonda tidak difungsikan. Selain itu, terdapat dua GT lain yang juga tidak difungsikan yakni di GT Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA