Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Fasilitas Cath Lab RSAU Salamun Optimalkan Layanan JKN

Rabu 12 Jun 2019 14:04 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

 Fasilitas Cath Lab RSAU Salamun Optimalkan Layanan JKN

Fasilitas Cath Lab RSAU Salamun Optimalkan Layanan JKN

Kita ada untuk bekerja bersama-sama memberikan yang terbaik untuk Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Dengan bertambahnya jumlah peserta JKN-KIS di Kota Bandung, tentunya harus sejalan dengan peningkatan dan pengembangan fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya peserta JKN-KIS. RSAU Salamun, adalah salah satu rumah sakit di Kota Bandung yang baru saja mengembangkan fasilitas layanan Cath Lab (Laboratorium Kateterisasi Jantung dan Angiografi) dan telah dapat di akses per Mei 2019.

Manajemen RSAU Salamun yang diwakili oleh Letkol. Heni menyampaikan bahwa upaya yang ditempuh oleh pihaknya tidak lain adalah untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta. ''Pada intinya, kami memang sudah mempersiapkan ini cukup lama, karena prosesnya cukup panjang dan harus melalui pusat. Ke depannya, layanan Cath Lab ini akan menjadi salah satu unggulan di RSAU Salamun untuk menjawab kebutuhan pasien yang membutuhkan pelayanan tersebut,'' ungkap Heni dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (12/6).

Sementara itu, Margono, selaku dokter spesialis jantung yang menjadi penanggungjawab Cath Lab RSAU Salamun juga menyampaikan hal yang senada. Menurutnya, letak strategis RSAU Salamun juga menunjang untuk membantu lebih banyak masyarakat. ''RSAU Salamun ini jaraknya cukup jauh dari rumah sakit lainnya yang juga memiliki layanan Cath Lab. Kita hadir bukan untuk bersaing, tetapi kita ada untuk bekerja bersama-sama memberikan yang terbaik untuk Kota Bandung dan sekitarnya. Itulah yang menjadi konsep utama kami,'' ungkap Margono.

Selain itu, Margono juga menjelaskan bahwa ia dan tim tidak akan mudah dan serta merta merekomendasikan tindakan katerisasi kepada pasien. Pemeriksaan secara menyeluruh dan pertimbangan kondisi pasien adalah bagian terpenting. ''Edukasi kepada pasien itu sangat penting. Alat pemeriksaan jantung jenis apapun tidak ada yang superior, tetapi pemeriksaan secara menyeluruh kepada pasien adalah yang tahap yang paling utama. Menggobrol dengan pasien pun termasuk dalam tindakan pemeriksaan. Jika sudah masuk Cath Lab, maka hal tersebut menjadi langkah akhir yang harus ditempuh. Kami tidak akan melakukan tindakan kepada pasien hanya untuk finansial, tetap konsep yang kami usung sama dengan yang BPJS Kesehatan terapkan, pelayanan terbaik dan pasien safety,'' papar Margono.

Selain RSAU Salamun, terdapat tiga rumah sakit lainnya di Kota Bandung yang memiliki layanan Cath Lab yaitu antara lain RSUP Dr. Hasan Sadikin, RS Santosa, dan RS Al Islam. (ril)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA