Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Wisatawan Tenggelam Kembali Diselamatkan di Pantai Sukabumi

Rabu 12 Jun 2019 17:32 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nur Aini

Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).

Ribuan wisatawan masih memadati obyek wisata pantai di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada H+4 lebaran, Ahad (9/6).

Foto: dok. Balawista Sukabumi
Lima korban tenggelam di Pantai Istiqomah, Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak lima wisatawan tenggelam diselamatkan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi pada H+7 lebaran, Rabu (12/6). Kelima korban semuanya tenggelam di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu dalam waktu yang berbeda.

Baca Juga

Informasi yang diperoleh Balawista Sukabumi menyebutkan, sebanyak dua wisatawan tenggelam sekitar pukul 06.30 WIB yakni Evin (20 tahun) dan Wanda (26 tahun) warga Rawakalong Bogor.

Keduanya berhasil diselamatkan petugas Balawista. Selanjutnya di lokasi yang sama pada pukul 08.40 WIB ada tiga wisatawan lainnya yang tenggelam dan diselamatkan petugas yakni Sinta (14 tahun), Andik (10 tahun), dan Imron (9 tahun) warga Desa Bangbayang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

‘’Untuk dua korban yakni Evin dan Wanda  tenggelam di luar jam pengawasan petugas di Pantai Istiqomah Citepus,'' ujar Kepala Divisi Operasional, SDM, dan Diklat, Balawista Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepuloh kepada wartawan. Korban berhasil diselamatkan petugas yang berada di sekitar lokasi kejadian. 

Kini korban sudah mendapatkan penanganan medis di pos terdekat. Sementara tiga pengunjung lainnya tenggelam beberapa jam setelah peristiwa yang pertama. Ketiga korban yang masih remaja dan anak-anak ini berhasil diselamatkan petugas yang berjaga di pantai.

Sebelumnya kata Asep, seorang pengunjung asal Bogor tenggelam dan meninggal di Pantai Karanghawu pada Selasa (11/6) sore. Korban yang bernama Ilham Handika (17 tahun) warga Kampung Kedung Halang Sleweran Cilebut, Kabupaten Bogor ini meninggal dunia di puskesmas. Informasi yang diperoleh dari Balawista menyebutkan, korban bersama temannya yakni Lutfi (17) terbawa ombak besar di Pantai Karanghawu 2 Kebon Kelapa sekitar pukul 15.30 WIB.

"Saat itu ombak sedang tidak bersahabat atau ombak pasang," ujar Asep. Petugas mengetahui keberadaan keduanya setelah mereka terbawa ombak ke tengah lautan.

Petugas, kata Asep, berupaya melakukan penyelamatan meskipun kewalahan karena kondisi medan yang berat yakni ombak pasang. Akhirnya kedua korban berhasil dibawa ke tepian pantai untuk mendapatkan pertolongan medis.

Satu orang korban ungkap Asep yakni Lutfi berhasil selamat. Sementara satu orang korban lainnya yakni Ilham meninggal dunia ketika berada di puskesmas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA