Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Rabu, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Pemkot Cimahi Perketat Awasi Warga Musiman

Rabu 12 Jun 2019 23:16 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Para pendatang dari berbagai daerah menuju Jakarta (ilustrasi)

Para pendatang dari berbagai daerah menuju Jakarta (ilustrasi)

Foto: Republika/Mardiah
Pemkot Cimahi ingin memastikan warga non permanen memiliki surat keterangan.

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI--Pascalebaran 1440 Hijriah, Rabu (5/6) lalu, pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan mengawasi dan memperketat kedatangan warga musiman. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi adanya praktik kejahatan oleh orang-orang tidak dikenal.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hindasyah mengatakan pihaknya akan melakukan operasi yustisi terhadap rumah kontrakan atau kos-kosan yang ada. Operasi dilakukan untuk mendata penduduk musiman atau non permanen khususnya yang baru datang dari kampung.

"Kami ingin memastikan warga non permanen memiliki surat keterangan penduduk non permanen. Dulu namanya Kartu Identitas Musiman (Kipem) berlaku satu tahun," ujarnya, Rabu (12/6).

Dirinya mengatakan pihaknya juga meminta ketua RT dan RW untuk memantau dan mendata warga non permanen. Selain itu, pendatang diharapkan aktif melaporkan diri ke RT dan RW setempat.

Selain itu, ia mengungkapkan agar pemilik kosan memiliki data lengkap warga yang mengontrak. "Kita imbau pemilik kontrakan atau kos-kosan aktif mendata penghuninya," katanya.

Sebelumnya, terjadi pencurian di kontrakan di Jalan Rancabentang, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Pelaku diduga merupakan salah satu penghuni kosan yang belum diketahui identitas lengkapnya oleh pemikik kontrakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, barang-barang yang dicuri diantaranya tas, jaket, sepatu dan asesoris telepon genggam.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA