Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Anies Tinjau Bantuan Hibah Pemprov DKI untuk Palu

Jumat 14 Jun 2019 22:36 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Dwi Murdaningsih

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Pemprov DKI membantu rehabilitasi sekolah, sanitasi dan fasilitas MCK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terbang ke Palu, Sulawesi Tengah. Anies akan mengecek bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk korban bencana gempa bumi, likuifaksi, dan tsunami di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

"Iya betul (ke Palu), melihat bantuan dari Pemprov, bantuan hibah yang bencana," ujar Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta, Muhammad Mawardi, (14/6).

Mawardi mengatakan, kunjungan Anies ke Palu hanya berlangsung satu hari. Anies berangkat ke Palu Jumat (14/6) sekitar pukul 09.00 WIB. Anies dijadwalkan akan kembali berada di Ibu Kota pada Sabtu (15/6) esok.

Diketahui bahwa Anies menyerahkan bantuan keuangan dan hibah Pemprov DKI Jakarta kepada Pemkab Kabupaten Lombok Utara dan Pemda Lombok Timur di Lombok Utara pada 4 Januari 2019 lalu. Bantuan itu dikucurkan melalui beberapa hal.

Ia merinci, bantuan tersebut untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana dengan rincian Rp 19,2 miliar untuk membangun 16 sekolah dari jenjang TK sampai SMP di Lombok Utara. Kemudian Rp 10 miliar untuk membangun sanitasi lingkungan, rehabilitasi sarana pendidikan dan normalisasi jaringan air bersih di Lombok Timur.

Melalui Badan Amil, Zakat, Infak dan Sedekah (Bazis) DKI,  Pemprov DKI juga turut membantu membangun 25 hunian sementara dan fasilitas MCK bagi warga desa Sigar Penjalin, Lombok Utara. Selain itu, dia katakan, ada donasi dari jajaran PNS DKI yang telah mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 4,4 miliar untuk membangun SMP 2 Tanjung Mas, Lombok Utara dan fasilitas pendukungnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA