Arus Mudik, Kapolda: Tidak Ada Titik Macet Krusial

Rep: Flori Sidebang / Red: Friska Yolanda

 Sabtu 01 Jun 2019 19:20 WIB

Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/6). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/6).

Laju kendaraan pada arus mudik agak melambat, tetapi dinilai masih wajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono dan  Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) memantau arus mudik di Tol Cikampek dan Tol Jagorawi menggunakan helikopter. Berdasarkan hasil pantauan itu, Gatot mengatakan, tidak ada titik-titik kemacetan yang membuat kendaraan berhenti atau stagnan. 

"Tentunya kalau kita lihat tadi tidak ada titik macet yang sangat krusial ya," kata Gatot di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (1/6).

Gatot menyebut, meskipun laju kendaraan agak melambat, hal itu merupakan hal yang wajar. Sebab, kata dia, sempat diberlakukan contraflow.

Selain itu, sambung Gatot, Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan di beberapa ruas tol yang dilalui para pemudik. Di pos-pos tersebut juga dijaga oleh personel TNI. 

"Di mana di situ ada teman-teman dari TNI juga di pos-pos pengamanan dan pelayanan. Kemudian juga ada Dinas Kesehatan (DKI Jakarta) dan sebagainya, termasuk rest-rest area. Ini untuk membuat masyarakat aman dan nyaman," paparnya. 

Gatot pun berharap, dengan kondisi tersebut, masyarakat dapat pulang ke kampung halaman masing-masing dengan aman dan nyaman. "Jadi semua kekurangan-kekurangan yang ada pada tahun lalu, kita mencoba melengkapinya pada tahun sekarang. Mudah-mudahan tahun ini (arus mudik) akan lebih baik daripada tahun yang lalu," ucap Gatot. 

Berita Lainnya

Play Podcast X