Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

KPU: Keterangan Tiga Saksi Kubu 02 Belum Berkualitas

Rabu 19 Jun 2019 19:02 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah saksi dari pihak pemohon saat diambil sumpahnya pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (19/6).

Sejumlah saksi dari pihak pemohon saat diambil sumpahnya pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (19/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Keterangan tiga saksi belum mampu menguatkan dalil permohonan kubu 02.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, mengatakan tiga orang saksi yang dihadirkan oleh kubu Prabowo-Sandiaga Uno dalam sidang perselisihan hasil pemilu (PHPU) pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) belum menyampaikan keterangan yang berkualitas. Keterangan yang dipaparkan tiga saksi hingga Rabu (19/6) sore belum mampu menguatkan dalil permohonan kubu 02 itu. 

"Dalam pandangan KPU, keterangan ahli dan saksi yang digunakan sampai dengan orang ini belum ada yang punya kualitas untuk memperkuat argumentasi dalil-dalil yang diajukan oleh pemohon," ujar Hasyim saat dijumpai di Gedung MK, Kamis sore. 

Menurut Hasyim, yang diminta oleh majelis hakim dari saksi sebenarnya adalah fakta sebagaimana yang disaksikan dan didengarkan oleh mereka.  Sehingga, keterangan saksi fakta seharusnya bukan berupa teori, bukan analisis dan bukan asumsi. 

"KPU hanya bisa membuat penilaian begini ya, yang namanya alat bukti digunakan untuk mendukung, memperkuat, atau memperkokoh argumentasi atau dalil. Kalau satu alat bukti kesaksian, cara melihat nya apakah memperkuat argumentasi permohonan atau tidak," tegasnya. 

Sementara itu, saat disinggung soal saksi dan ahli yang akan dihadirkan oleh KPU,  Hasyim belum mau mengungkapkan.  KPU, kata dia,  masih menunggu perkembangan kesaksian pada Rabu. 

Pasalnya, kubu 02 menghadirkan 15 orang saksi dan dua saksi ahli. Sementara hingga Rabu petang, baru tiga orang saksi yang didengarkan keterangannya.

Ketiganya yakni Agus Muhamad Maksum,  Idham Amiruddin dan Hermansyah.  "KPU menunggu perkembangan hari ini, saksi-saksinya seperti apa memberikan keterangan, baru nanti kita siapkan mana yang pas untuk menjadi saksi, " tambahnya. 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA