Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Mantan KSAD: Bung Karno Mencanangkan Pancasila

Sabtu 22 Jun 2019 17:14 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil

Bung Karno-Fatmawati bersepeda

Bung Karno-Fatmawati bersepeda

Foto: blogspot
Bung Karno mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) TNI Budiman menyatakan nasionalisme Proklamator RI, Bung Karno, tak usah dipertanyakan. "Beliau mencanangkan Pancasila," kata Budiman dalam diskusi yang digelar PA GMNI, Jumat (21/6) malam.

Acara itu dilaksanakan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) dalam rangka tahlilan haul wafatnya Bung Karno. Budiman melanjutkan, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atas nama bangsa dan negara mengganjar gelar pahlawan nasional kepada Soekarno.

Pernyataan itu menanggapi Ketua Umum PA GMNI Ahmad Basarah yang bercerita soal bagaimana Bung Karno mendapat tuduhan keji sebagai pengkhianat karena dianggap mendukung pemberontakan PKI pada 1965.

Baca Juga

Tuduhan itu tak pernah dicabut dan berimbas hingga seorang Jokowi dituduh 'PKI' dan 'Komunis' hanya karena menjadi kader PDI Perjuangan. Partai ini dipimpin Megawati Soekarnoputri, putri sulung Soekarno.

Pada kesempatan itu, Budiman juga mengungkapkan adanya pihak yang ingin merongrong Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa. Ancaman itu tak terlihat, tetapi menurut Budiman, TNI-Polri pasti akan melawannya.

"Percayalah TNI dalam Sapta Marga, sumpah prajurit itu menyatakan kesetiaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Itu merupakan pegangan pokok yang harus dipertahankan setiap prajurit TNI baik udara, darat dan laut dan polisi dengan Tribratanya," ujar Budiman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA