Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Manfaat Buah Nanas untuk Perawatan Kulit

Ahad 16 Jun 2019 10:45 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Buah Nanas (ilustrasi)

Buah Nanas (ilustrasi)

Foto: ROL/Fakhtar Khairon Lubis
Nanas bermanfaat untuk pengelupas alami untuk kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah nanas tidak hanya menjadi makanan segar yang bisa disantap langsung atau diolah. Buah itu ternyata memiliki manfaat baik bagi perawatan kulit.

Baca Juga

Nanas atau Ananas Sativus memiliki beberapa manfaat untuk kulit yang cukup mengesankan. Salah satunya dapat bertindak sebagai pengelupas alami untuk kulit.

"Ini secara alami penuh dengan AHA (Alpha Hydroxy Acids) dan semua enzim penting Bromelain, yang keduanya membantu melarutkan lem antarsel yang mengikat bagian atas, lapisan permukaan sel-sel kulit," kata pendiri merek perawatan kulit, Oskia. Georgie Cleeve, dikutip dari GraziaDaily, Ahad (16/6).

Enzim bromelain itu bekerja dengan memakan sel-sel mati yang berada di permukaan kulit. Dengan begitu, kulit akan lebih terlihat segar dan pemanfaat ini telah diuji secara profesional.

"Nanas telah digunakan selama bertahun-tahun di ruang perawatan," kata ahli wajah Abigail James.

Manfaat pengelupasan kulit sangat baik terutama untuk kulit kusam atau kulit masyarakat perkotaan yang rentan terhadap polusi tingkat tinggi. Pada dasarnya, memanfaatkan nanas dapat mencerahkan kulit, menghilangkan pigmentasi, menghaluskan tekstur kulit, dan membantu penyerapan bahan-bahan lain.

Bahan yang menggabungkan AHA yang baik untuk perataan permukaan yang kuat dan BHA (Beta Hydroxy Acids) atau bromelain membuat kulit bercahaya secara merata. Gabungan kedua asam juga dapat digunakan secara mandiri. 

Bromelain adalah alternatif ideal untuk pengelupasan kimia lebih keras karena mengandung molekul yang lebih kecil dan lebih lembut. Tidak seperti AHA, BHA seperti enzim buah seperti bromelain dapat larut dalam minyak dan dapat menembus kulit, yang berarti mereka dapat beroperasi lebih efektif dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mencegah noda.

"Nanas juga kaya vitamin C dan E, menawarkan aksi antioksidan dan cerah," ujar perawat dan ahli perawatan kulit dan pendiri Face the Future Kate Bancroft. 

Vitamin C akan membantu mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi yang membuat kulit sangat bercahaya. Vitamin C dan E juga adalah antioksidan, sehingga memberikan perlindungan, membantu menetralisir efek merusak dari polusi dan agresor eksternal lainnya pada kulit, dan menenangkan peradangan.

Tapi, pemanfaatan nanas ini tidak bisa digunakan oleh seluruh jenis kulit. Nanas sangat baik untuk kulit yang cenderung berjerawat, dan perlu dihindari bagi kulit sensitif. Kombinasi vitamin C dan enzim buah dapat menyebabkan iritasi ringan, sehingga sangat perlu hati-hati digunakan. Bagi kulit kemerahan pun perlu dihindari penggunaan buah tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA