Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Beredar Kabar Prabowo Bertemu BG, Ini Kata Dahnil

Rabu 26 Jun 2019 16:37 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah

Jubir BPN 02 Dahnil Anzar Simanjuntak

Jubir BPN 02 Dahnil Anzar Simanjuntak

Foto: Republika/Prayogi
Dahnil menegaskan, Prabowo terbuka melakukan komunikasi politik dengan siapa pun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator juru bicara (jubir) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, enggan menjawab terkait kabar pertemuan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Budi Gunawan (BG).

Baca Juga

Namun, menurut dia, pertemuan Prabowo dengan kubu pemerintah adalah terkait upaya memberikan jaminan kepada para tokoh dan pendukung yang dituding makar.

"Kan sebagian besar yang dibebaskan itu atas jaminan Pak Prabowo melalui Bang Sufmi Dasco yang ditugaskan Pak Prabowo melakukan komunikasi politik dan hukum untuk melakukan jaminan dan pembebasan untuk beberapa tokoh," kata Dahnil di Media Center Prabowo-Sandiaga, Rabu (26/6).

Ia membantah bahwa pertemuan Prabowo dengan tokoh-tokoh di kubu pemerintah adalah untuk lobi-lobi kekuasaan. Menurut dia, Prabowo terbuka melakukan pertemuan dengan siapa pun. "Prabowo terbuka komunikasi politik dengan siapa pun selama itu untuk kepentingan bangsa," ujarnya.

Selain itu, Dahnil juga mengungkapkan, Prabowo siap menjamin bebasnya para tokoh pendukungnya yang terlibat kasus hukum. Menurut dia, masih banyak pihak yang masih ditahan oleh pihak berwenang di sejumlah daerah.

"Banyak (yang ditahan), misal di Sumut, di banyak daerah, beliau minta tokoh-tokoh di banyak daerah dibebaskan dengan jaminan dari Prabowo," ujarnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya mengabulkan permohonan penangguhan sejumlah pihak yang sebelumnya ditahan oleh kepolisian atas tuduhan makar, seperti Lieus Sungkharisma, Eggi Sudjana, Mustofa Nahrawardaya, hingga Soenarko. Diketahui, Advokasi BPN Prabowo-Sadiaga, Sufmi Dasco Ahmad, menjadi penjamin bebasnya Lieus, Eggi, dan Mustofa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA