Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Purbalingga Kirim Grup Ranggawis Ikuti Festival Borobudur

Jumat 28 Jun 2019 17:35 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Borobudur

Borobudur

Foto: Antara
Festival Borobudur dilaksanakan di pelataran Candi Borobudur, Magelang, 5-7 Juli 2019

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pelaku seni di Purbalingga akan ikut memeriahkan gelaran Festival Borobudur. Festival akan dilaksanakan di pelataran Candi Borobudur, Magelang, 5-7 Juli 2019 mendatang.

Baca Juga

Kepala Bidang Pariwisata Dinporapar Purbalingga Prayitno, mengatakan pelaku seni yang akan ikut memeriahkan festival tersebut adalah kelompok Seni Tari Ranggawis. ''Kelompok ini memiliki 9 penari dan 13 orang pemusik,'' ujar dia, Jumat (28/6).

Dia menyebutkan, kelompok tari Ranggwis tersebut berasal dari Sanggar Tari Wisanggeni yang ada di Purbalingga. ''Tari Ranggawis mempunyai makna kekompakan, kesatuan dan kebersamaan. Tarian diiringi rampak kendang yang dipadukan dengan seperangkat alat calung yang khas dengan budaya Banyumasan,'' jelasnya.

Sedangkan gerak tarinya, berasal dikembangkan dari unsur gerak seni tari Jawa Barat yang dipadukan dengan gaya tari Surakarta. Keseluruhan gerak tari diharapkan mampu menghipnotis penonton sehingga makin memperkenalkan seni tradisi Purbalingga pada masyarakat di luar daerah.

Dia juga menyebutkan festival Borobudur merupakan event tahunan yang banyak mendapat perhatian turis domestik dan mancanegara. Melalui keikut-sertaan kelompok seni Purbalingga, diharapkan kunjungan wisatawan ke Purbalingga juga bisa makin meningkat.

Prayitno juga menyatakan, selain kegiatan seni, dalam Festival Borobudur juga diselenggarakan kegiatan pameran Usaha Kecil Mikro (UKM). Untuk itu, dia mengaku telah menghubungi Dinas Koperasi dan UKM agar ada penrajin UKM Purbalingga yang ikut tampil dalam pameran tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA