Saturday, 16 Zulhijjah 1440 / 17 August 2019

Saturday, 16 Zulhijjah 1440 / 17 August 2019

Pemkot Sukabumi Targetkan Kunjungan Wisatawan Naik

Ahad 30 Jun 2019 11:28 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Warga berfoto di kawasan wisata unggulan baru Kota Sukabumi di Bukit Cigedud, Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi Ahad (10/2). Kawasan wisata ini merupakan hasil swadaya masyarakat.

Warga berfoto di kawasan wisata unggulan baru Kota Sukabumi di Bukit Cigedud, Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu Kota Sukabumi Ahad (10/2). Kawasan wisata ini merupakan hasil swadaya masyarakat.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Pemkot gandeng komunitas untuk mempromosikan wisata dan kuliner Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan tingkat kunjungan wisatawan naik pada 2019. Caranya dengan menggandeng sejumlah elemen untuk mempromosikan wisata dan kuliner salah satunya komunitas mobil.

Di mana komunitas ini bisa menyebarkan potensi wisata dan kuliner Sukabumi kepada masyarakat. Komunitas yang digandeng seperti pengguna Toyota Fortuner (ID42NER).

Baca Juga

"Kolaborasi diperlukan untuk mengangkat potensi wisata dan kuliner di Sukabumi,"ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami di deklarasi chapter komunitas otomotif ID42NER di Kota Sukabumi, Sabtu (29/6). Hal ini dikarenakan potensi wisata dan kuliner yang luar biasa.

Wisata alam di Kota Sukabumi misalnya berada di kawasan Cikundul, Kecamatan Lembursitu yang terkenal dengan pemandian air panas. Selain itu kawasan wisata lainnya berada di Kabupaten Sukabumi seperti Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Andri menambahkan, Sukabumi juga terkenal dengan kulinernya yang khas dan lezat. Di mana pengunjung bisa membawa makanan tersebut sebagai oleh-oleh ke daerah asalnya.

Keberadaan komunitas mobil yang jumlahnya ribuan kata Andri, bisa menikmati kawasan wisata dan kuliner. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan ekonomi daerah. 

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi Yudi Yustiawan menerangkan, target jumlah kunjungan wisatawan pada 2019 ini bisa melebihi 2018 lalu yang mencapai 188 ribu orang,'' imbuh Yudi. Sebenarnya target awal kunjungan pada tahun 2018 hanya 120 ribu dan mampu terlewati.

Presiden komunitas mobil Fortuner Id42ner Duta Erlangga mengatakan, komunitasnya siap memajukan wisata daerah termasuk Sukabumi. "Jumlah member Id42ner secara nasional mencapai sekitar 2.000 orang dan bisa berwisata ke Sukabumi," kata dia.

Anggota komunitas mobilnya lanjut Duta, seringkali melakukan kunjungan atau touring ke lokasi wisata. Hal ini dapat menjadi ajang promosi wisata khususnya daerah wisata yang belum terangkat potensinya ke dunia luar.

Duta menerangkan, komunitas otomotif Toyota Fortuner ID42NER di Kota Sukabumi merupakan yang ke-21. Harapannya keberadaan komunitas mobil ini di Sukabumi dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mengangkat potensi wisata dan kuliner.

Ketua Chapter ID42NER Sukabumi H Mamat menambahkan, keberadaan komunitas mobil siap mendukung pemerintah daerah dalam mempromosikan wisata dan kuliner. "Ke depan akan digelar even yang mempromosikan wisata dan kuliner," cetus dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA