Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Anies Harap Jakarnaval Gerakkan Perekonomian Jakarta

Senin 01 Jul 2019 06:01 WIB

Rep: Mimi Kartika/Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ketika menaiki kuda di Helaran Seni Budaya, dalam rangka hari jadi Bogor ke-537 tahun 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (30/6).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto ketika menaiki kuda di Helaran Seni Budaya, dalam rangka hari jadi Bogor ke-537 tahun 2019 di Kota Bogor, Jawa Barat, Ahad (30/6).

Foto: Republika/Zainur Mahsir Ramadhan
Jakarta dan Bogor komitmen untuk menyelesaikan masalah secara bersama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan membuka secara resmi acara parade Jakarnaval di Jalan Medan Merdeka Selatan, depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Ahad (30/6). Anies berharap, kegiatan puncak perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta membantu menggerakkan perekonomian Ibu Kota.

"Ini bagian dari rangkaian ulang tahun Jakarta. Kita berharap, kegiatan ini bukan saja menggambarkan betapa kreatifnya masyarakat di Jakarta. Tetapi, kegiatan ini ikut membantu menggerakkan perekonomian di Ibu Kota," ujar Anies dalam sambutannya, Ahad (30/6) sore.

Ia mengatakan, puluhan ribu orang berkumpul menyaksikan karnaval ini. Dengan demikian, menurut dia, masyarakat yang bergerak di sektor informal, khususnya mikro ataupun usaha kecil merasakan manfaat Jakarnaval.

"Karena merekalah yang langsung melayani, baik penonton maupun mereka-mereka yang terlibat langsung dalam kegiatan karnaval ini," kata dia.

Anies juga mengapresiasi orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaraan rangkaian acara HUT DKI. Mereka yang bekerja di belakang layar, ia menambahkan, terus membangun Jakarta menjadi kota yang maju dan warga yang bahagia.

"Apa tujuan kita? Tujuan kita adalah Kota Jakarta yang maju dan warga Jakarta yang merasakan kebahagian atas kemajuannya itu," lanjut Anies.

Jakarnaval dimulai sekitar 15.40 WIB dan dijadwalkan berlangsung hingga 22.00 WIB. Diikuti sekitar 3.500 peserta dan 65 kendaraan hias. Parade kesenian kali ini bertema Wajah Baru Jakarta, meliputi parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musisi Ibu Kota.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi dua rute. Parade dengan berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jalan MH Thamrin, berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Sementara, parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jalam MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, kembali ke arah Jalan Medan Merdeka Utara. Kemudian, melewati Patung Arjuna Wijaya dan mengakhiri parade di depan kantor RRI.

Hari Jadi Bogor

Selain DKI Jakarta, Kota Bogor juga tengah merayakan hari jadi yang ke-537. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Bima menyatakan, terkait diundangnya Anies ke acara tersebut menggambarkan kerja sama dan hubungan yang erat antara Kota Bogor dan Jakarta. Menurut dia, kedua pihak akan lebih erat untuk menyelesaikan persoalan di kedua wilayah.

“Kita akan banyak bicara dengan Anies terkait transportasi,” ujar Bima.

Dia menambahkan, di ulang tahun Bogor tersebut, pihaknya ingin menonjolkan makna keberagaman dari seluruh nusantara. Menurut dia, selama ini, Bogor kental dengan nuansa Sunda dan akan lebih terbuka lagi bagi budaya dan wilayah lainnya untuk memelihara kebersamaan.

“Kali ini, hari jadi Bogor menjadi istimewa karena hadir Gubernur Jakarta bersama kita. Semoga ini bisa mempererat kerja sama yang harmoni antara Bogor dan Jakarta,” ujar Bima.

Dari pantauan Republika, acara yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB itu dimulai dengan parade budaya dari berbagai daerah. Anies, Bima, dan beberapa pejabat dari Pemkot Bogor serta Pemprov Jawa Barat kompak menggunakan pakaian adat sembari menunggangi kuda.

Anies mengatakan, hari jadi Bogor yang tidak jauh waktunya dengan hari jadi Jakarta akan menjadi momentum bagi kedua wilayah untuk saling mendukung. Menurut dia, ke depan, hubungan Bogor dengan Jakarta akan lebih baik dan mendorong untuk menyelesaikan masalah secara bersama.

“Persatuan kita hari ini adalah hasil dari usaha. Yang kita saksikan hari ini adalah bagaimana warna-warni Indonesia. Jakarta menyambut baik dan insya Allah hubungan baik antara warga dan antarpemerintah harus terjaga terus,” ujar Anies.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA