Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Sebanyak 240 Desa di Sukabumi Gelar Pilkades Serentak

Senin 01 Jul 2019 22:10 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Sebuan pilkades (ilustrasi)

Sebuan pilkades (ilustrasi)

Foto: Musiron/Republika
Pemerintah menyiapkan tahapan pilkades sebaik-baiknya.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 240 desa di Kabupaten Sukabumi secara serentak menggelar pilkades pada November 2019 mendatang. Perhelatan demokrasi di desa ini diharapkan melahirkan pemimpin yang memajukan daerahnya.

"Penyelenggaraan pilkades harus bisa sukses secara adminsitratif serta sukses secara kualitas untuk menghasilkan kepala desa yang berkualitas,’’ ujar Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Senin (1/7). Hal ini salah satunya dengan adanya kesiapan dari panitia pelaksanaan pilkades di 240 desa.

Sehingga kata Marwan, pemerintah menyiapkan tahapan pilkades dengan sebaik-baiknya. Misalnya dengan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada panitia pilkades.

Kegiatan ini ungkap Marwan, sangat penting karena panitia pilkades harus memiliki semangat dan motivasi tinggi dalam menyelenggarakan pilkades. Sebabnya perhelatan dmokrasi ini memiliki beban psikologis yang cukup tinggi,

Sehingga lanjut Marwan, panitia harus benar benar cermat. Hal ini agar pilkada bisa menghasilkan kepala desa yang benar-benar mau membangun dan memajukan daerahnya yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat.

Marwan menutukan, pemkab berharap pelaksanaan pilkades bisa berjalan dengan lancar, kondusif dan tidak ada ekses apapun. Selain itu pilkades dapat diikuti oleh masyarakat dari berbagai lapisan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana menuturkan, pihaknya menggelar bimtek dalam mempersiapkan pilkades. Sehingga pelaksanaan pilkades dapat berjalan lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA