Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

JK Ingatkan Perlunya Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

Selasa 02 Jul 2019 16:37 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/7).

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/7).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Rekonsiliasi diperlukan untuk mencegah keterbelahan masyarakat di akar rumput.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai rekonsiliasi antara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo -Sandiaga tetap perlu dilakukan, meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024.  JK menilai rekonsiliasi antarkedua pasangan dapat mencegah masyarakat terbelah.

"Rekonsiliasi artinya, banyak. Bersatu kembali sebagai negarawan, harus tetap punya hubungan baik secara kekeluargaan, seperti itu. Ya tetap perlu, kalau tidak nanti juga tetap bangsa ini terbelah nanti," ujar JK saat diwawancarai wartawan, Selasa (2/7).

JK meyakini, rekonsiliasi dapat meredam keterbelahan di tataran akar rumput, terutama dari pendukung kedua pasangan calon. Menurutnya,  kalau yang atas sudah bersatu, maka di bawahnya juga akan lebih baik dan mudah.

Baca Juga

JK mengatakan, Prabowo juga sudah menerima hasil Pemilihan Presiden 2019 yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Karenanya, ia menilai tidak ada persoalan yang menghalangi proses rekonsilisasi tersebut.

"Kalau liat pernyataan Pak Prabowo kan sudah menerima dengan baik. Kalau sudah menerima dengan baik, mestinya tidak ada soal lagi. Saya kira tinggal tunggu waktu aja, soal waktu," kata JK.

JK juga mengimbau para elite untuk menyudahi memperpanjang pembelahan sikap pasca-Pilpres. JK menilai, semua pihak berkewajiban untuk melakukan rekonsiliasi, baik pihak yang mendukung pemerintahan maupun oposisi.

"Itu bukan hanya imbauan, tapi itu juga kewajiban kita semua untuk bersatu, rekonsilisasi itu bermakna bersatu dalam mencapai tujuan walaupun berbeda dalam cara, satu pemerintahan, satu oposisi," ungkap JK.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA