Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

JK Harap Pembagian Menteri Parpol dan Profesional Seimbang

Selasa 02 Jul 2019 20:19 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/7).

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat diwawancarai wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (2/7).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Menteri yang diusung parpol bukan berarti tidak profesional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap kabinet menteri era Joko Widodo-Ma'ruf mendatang sebaiknya seimbang diisi antara kalangan profesional dan partai politik. jk menilai, komposisi seimbang antara kalangan profesional dan partai politik dapat mendukung jalannya Pemerintahan yang baik.

"Setidak-tidaknya 50:50 antara menteri dari partai (dan menteri dari kalangan profesional," ujar JK saat diwawancarai wartawan di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (2/7).

Menurut JK, menteri yang berasal dari partai politik bukan berarti tidak profesional. JK menilai, banyak juga menteri dari partai politik yang profesional dan juga memiliki keahlian.

Karenanya, ia menilai wajar jika menteri diisi dari gabungan dari kalangan profesional dan partai politik. "Dan itu juga tidak berarti tidak profesional. Banyak juga menteri dari partai itu juga prifesional. di samping yang profesional sendiri yang mungkin nonpartai," kata JK.

JK mencontohkan kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK yang terdiri dari 15 menteri partai politik dan 19 diantaranya profesional. Karenanya, ia menilai, komposisi kabinet menteri Jokowi-Ma'ruf mendatang juga akan diisi seimbang antara profesional dan partai politik.

"Karena itu, kalau sekarang ini, itu 15 dari partai politik, 19 dari profesional. Jadi wajar saja. di manapun terjadi kalau partai pendukung itu juga di samping mendukung di DPR juga bekerja bersama di kabinet, wajar saja, akan terjadi seperti tersebut," kata dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA