Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Pansel KPK: 133 Orang Daftar Capim KPK

Selasa 02 Jul 2019 14:42 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi menerima Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK 2019 - 2023 di Istana Merdeka, Senin (17/6).

Presiden Jokowi menerima Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK 2019 - 2023 di Istana Merdeka, Senin (17/6).

Foto: Republika/Sapto Andiko Condro
Para pendaftar diprediksi akan mulai mendaftarkan diri di hari-hari terakhir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota pansel calon pimpinan KPK Hendardi menyampaikan hingga hari ini sebanyak 133 orang telah mengajukan diri menjadi capim KPK. Ia memprediksi, para pendaftar akan mulai mendaftarkan diri di hari-hari terakhir menjelang penutupan.

"Sampai sejauh ini, siang ini, saya dapat laporan 133 pendaftar. Jadi kita melihat satu perkembangan yang meningkat dari hari pertama. Seperti dugaan kami, pada periode lalu juga begitu. Pada hari-hari akhir meningkat besar," kata Hendardi di Gedung Utama Setneg, Jakarta, Selasa (2/7).

Ia mengatakan, pendaftaran akan ditutup pada 4 Juli nanti. Terkait perpanjangan pendaftaran, pansel KPK juga nantinya akan mempertimbangkan sejumlah faktor.

Sementara itu, anggota Pansel Capim KPK Al Araf mengatakan, pagi ini pansel KPK bertemu dengan sejumlah pimpinan organisasi masyarakat dari Muhammadiyah, NU, KWI, dan juga PGI. Menurutnya, pertemuan tersebut dilakukan untuk meminta saran terkait proses seleksi capim KPK ini.

"Meminta masukan dan baik masukannya. Mereka mendukung pansel kerja maksimal," ujarnya.

Selain itu, mereka juga meminta agar Pansel mampu memilih calon pimpinan KPK yang memiliki integritas, kompetensi, dan rekam jejak yang baik.

"Pertama harus memiliki kompetensi skill di bidang masing-masing. Karena UU KPK kan sebut harus ada latar belakang hukum, ekonomi, keuangan. Jadi harus memiliki kompetensi di bidang hukum acara pidana, UU KPK," jelasnya.

Al Araf mengatakan, para tokoh ormas tersebut juga berharap, capim KPK nantinya memiliki kemampuan manajemen yang baik serta mampu menjalin hubungan baik dengan seluruh pihak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA