Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

'Bandung Kecil' di Tebet Jakarta Selatan

Rabu 03 Jul 2019 23:10 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Baju yang dijual di toko.

Baju yang dijual di toko.

Foto: Pixabay
Pada akhir pekan sepanjang jalan Tebet Utara Dalam biasanya ramai pengunjung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Tebet Utara Dalam terdapat rentetan industri fesyen hampir mirip seperti di Jalan Riau, Bandung, Jawa Barat.

Sepanjang Jalan Tebet Utara Dalam yang tidak terlalu besar ini dihimpit oleh rentetan toko-toko yang menawarkan berbagai macam barang fesyen seperti baju, celana, jaket, sepatu, aksesoris dan sebagainya. Banyak juga rentetan kafe yang selalu ramai dengan mayoritas kaum muda.

Ternyata, tidak hanya rupanya yang hampir menyerupai Jalan Riau, Bandung, namun barang-barang yang ditawarkan pun hampir seluruhnya berasal dari Bandung.

"Memang dari Bandung semua barang kami, asli konveksi sendiri di sana," kata Hana salah satu penjaga toko pakaian, Rabu (3/7).

Selain Hanna, ada pula Umay penjaga toko pakaian lain di Jalan Tebet Utara Dalam. Ia mengatakan hampir seluruh barang yang dijajakan di tokonya berasal dari Bandung dan sebagian kecil impor dari Thailand. "Yang punya toko ini juga orang Bandung," ujar Umay.

Pada akhir pekan, sepanjang jalan tersebut selalu penuh sesak dengan pejalan kaki yang melihat-lihat barang dagangan, ditambah lagi kendaraan yang melintas sehingga tidak jarang jalan Tebet Utara Dalam selalu macet.

Namun, Umay mengatakan Jalan Tebet Utara Dalam tidak seramai tahun lalu. Bahkan, menurut dia, pengunjung yang datang berkurang hampir separuhnya. "Tahun lalu bahkan jalan ini lebih seperti Bandung lagi ketimbang sekarang," ujar Umay.

Sementara itu, toko-toko di sepanjang jalan tersebut buka tiap harinya dari mulai pukul 15.00 WIB hingga 01.00 WIB dini hari.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA