Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Kota Tua Bukukan 1,3 Juta Pengunjung di Musim Liburan

Kamis 04 Jul 2019 18:10 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Libur Lebaran di Kota Tua. Sejumlah masyarakat berlibur di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jum’at (7/6).

Libur Lebaran di Kota Tua. Sejumlah masyarakat berlibur di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Jum’at (7/6).

Foto: Republika
Selain pengunjung domestik, pengunjung Kota Tua juga diramaikan wisatawan mancanegara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua mencatat kedatangan lebih dari 1,3 juta pengunjung selama musim liburan Juni 2019. "UPK Kota Tua mencatatkan sedikitnya 1.325.563 pengunjung domestik dan 10.566 wisatawan mancanegara," kata Kepala UPK Kota Tua Norviadi Husudo di Jakarta, Kamis (4/7).

Menurut Norviadi, momentum hari raya Idul Fitri, hari ulang tahun Jakarta ke-492, serta masa libur sekolah yang mulai tiba dinilai menjadi faktor terjadinya peningkatan jumlah pengunjung. "Kota Tua menjadi pilihan destinasi wisata sejarah dan budaya yang murah ya dan mudah diakses dengan kendaraan umum," ujar dia.

Baca Juga

Sementara, menurut dia, UPK Kota Tua berencana membeli cagar budaya dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2019 senilai Rp 88 miliar. Adapun gedung yang akan dibelinya alternatifnya ada dua, yaitu ada Gedung Wassesa Line yang terletak di Jalan Kali Besar Timur dekat dengan Jembatan Kota Intan serta Gedung Dasaad Musin Concern yang lokasinya berada tak jauh dari depan Taman Fatahillah.

Namun, pembelian gedung cagar budaya di kawasan Kota Tua masih melalui penilaian dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). Karena pada tahap akhir harus ada kesesuaian tentang kesepakatan harga. Dalam penilaian tersebut, kriterianya mencari angka yang nilainya sesuai hingga tidak ada kelebihan dan kerugian negara dalam pembelian gedung cagar budaya itu. "Nantinya, akan digunakan untuk ruang audiovisual. Jadi, diarahkan ke sana dahulu, baru keluar lapangan," ucap dia.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA